2018, Bintan Gelar Chinese New Year Festival

0
877
TERIMA BUKU: Bupati Bintan H Apri Sujadi menerima buku galery kalender wisata 2018, dari Menpar RI Arief Yahya. f-istimewa

Tujuh Event Wisata Masuk Cross Border Nasional

BINTAN – TUJUH event wisata di Bintan masuk dalam kalender cross border nasional, pada tahun 2018 mendatang. Event kalender nasional daerah perbatasan terbaru di Bintan itu antara lain Chinese New Year Festival, di Lagoi, Februari 2018 mendatang.

Tujuh event wisata Kabupaten Bintan masuk dalam kalender cross border 2018 nasional ini, diluncurkan (launching) oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya bersama Bupati Bintan H Apri Sujadi, di Alila Hotel, Jakarta, Jumat (8/12) pagi kemarin. Dalam launching event kalender cross border (daerah perbatasan) tahun 2018 ini, turut hadir Bupati Kapuas Hulu, Wakil Bupati Sambas dan Bupati Belu.

Launching Calender of Events 2018 ini dituangkan dalam bentuk buku galery dengan judul Indonesia’s Cross Border 2018. Khusus di Kabupaten Bintan, tujuh event yang masuk dalam kalender nasional itu antara lain Chinese New Year Festival, Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Ironman 70.3 Bintan, Bintan Golf Challenge, Bintan Moon Run dan Spartan Race Bintan.

Dengan demikian, Menteri Pariwisata RI mengharapkan agar Kabupaten Bintan terus meningkatkan destinasi turis, melalui event-event tersebut.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyatakan optimis untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bintan, sebagai daerah perbatasan antarnegara. Bupati Bintan berharap agar pemerintah pusat memberikan perhatian serius terhadap Bintan, dalam upaya membenahi sarana dan prasarana, serta hal-hal yang menunjang dunia pariwisata Bintan.

”Kunjungan wisatawan Bintan meningkat pesat. Ini tentunya berkat upaya dari semua pihak termasuk masyarakat. Namun kita tentu tidak berhenti di sini. Bintan masih memerlukan banyak sentuhan pembangunan, untuk terus meningkatkan daya tarik kunjungan,” jelas H Apri Sujadi.

Dari tujuh event yang masuk dalam kalender cross border nasional 2018 itu, H Apri Sujadi mengungkapkan, kegiatan Chinese New Year Festival, merupakan event terbaru. Namun, event ini sudah dilaksanakan, pada tahun 2017 lalu.

”Event-event yang kami gelar ini, cukup fantastis di mata turis dunia,” ujar bupati.

Hal serupa pun diungkapkan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya. Menurut Arief, Bintan memiliki event internasional yang membikin turis terpesona.

”Bintan sangat fantastis. Destinasi wisata yang ditawarkan begitu kuat, menjadi daya tarik bagi banyak orang. Daerah cross border lainnya juga memiliki kelebihan masing-masing. Dan tentunya perlu upaya bersama, untuk mampu menaikkan rating Indonesia dalam kancah wisata dunia,” ungkap Arief Yahya dalam sambutannya.

Tahun ini ditargetkan kunjungan wisman (turis) ke Bintan sebanyak 250 ribu orang. Namun sejak Januari-Oktober 2017 jumlah kunjungan telah lebih 15 persen dari target. Artinya kunjungan ke Bintan naik drastis. Bahkan sangat signifikan.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, cross border 2018 ini, adalah kalender wisata nasional untuk daerah perbatasan antarnegara, seperti Kabupaten Bintan. Tahun 2018 nanti, event wisata baru di Bintan itu antara lain Chinese New Year Festival. Kegiatan ini dilaksanakan pada saat perayaan Imlek, atau tahun baru warga Tionghoa.

”Kegiatan dipusatkan di Lagoi, dengan menampilkan beberapa budaya Tionghoa (Chinese). Nah, event ini menjadi daya tarik turis asal Tiongkok dan beberapa negara lain. Awal tahun 2017 lalu, sudah kita gelar. Turis sangat antusias. Makanya, tahun 2018 masuk dalam kalender cross border nasional ini,” jelas Luki, saat dihubungi Tanjunginang Pos, usai mendampingi Bupati Bintan H Apri Sujadi, saat launching cross border 2018.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here