2018, Bisa Urus SIM di SPC

0
632

Mal Pelayanan Tinggal Launching

Gedung SPC Batamcenter akan dijadikan Mal Pelayanan cepat. Berbagai perizinan bisa diurus di sana termasuk SIM dan SKCK.

BATAM – Mal pelayanan yang akan dilaunching tahun 2018 ini akan diikuti Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam sesuai dengan draf MoU yang sudah diparaf Sekda Kepri, TS Arif Fadillah. Saat ini, diakui tinggal menunggu waktu launching. Sementara untuk gedung, akan menggunakan Sumatera Promotion Centre (SPC). ”Kita akan buat MoU. Sudah diparaf. Tinggal launching-nya. Pak Presiden,” kata Arif, Kamis (27/7) di Batam usai dialog penanganan pungutan liar (pungli) yang digelar Kementerian PAN RB bersama Polda dan Pemprov Kepri.

Baca Juga :  Realisasi Dana IMTA Batam Tak Tercapai

”Kita akan pindahkan pelayanan dari Pemprov ke Mal pelayanan untuk melayani di Batam. Tapi di Pemprov tetap dibuka untuk melayani,” kata Arif. Pemindahan pelayanan perizinan yang ditangani Pemprov Kepri, tidak serta merta mengharuskan masyarakat atau pengusaha untuk mengurus ke mal pelayanan di Batam.

Pelayanan akan dibuka secara online. Sehingga, walau perizinan di Batam, tapi tetap digunakan online. ”Kelak, kita juga akan membuka mal pelayanan di Tanjungpinang di bawah Pemprov. Jadi di Batam kita buka konter,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kadin Batam Dukung Program Tanjak Donasi rbb

Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian mengaatakan, walau belum ikut MoU, namun pihaknya siap bergabung dalam Mal Pelayanan. Bahkan, dialog penanganan pungli hari itu, berkaitan erat juga dengan rencana pendirian mal pelayanan di Batam. ”Kita akan gabung di mal pelayanan. Seperti untuk mengurus SKCK, SIM dan Izin senjata api. Ini (dialog) Polda menyiapkan diri. Kita coba proaktif untuk menyambut pelayanan mal,” harapnya.

Di tempat sama, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa?mengatakan, pelayan di Batam secara umum sudah baik. Demikian dengan pelayanan di Polda Kepri yang dinilai mengalami perbaikan. ”Kita tahu, karena Polres-Polres di Kepri masuk dalam pembenahan untuk pelayanan. Awalnya fokus ke PTSP. Kemudian rumah sakit, belakangan ditambah BPOM dan BPN,” imbuhnya.(martua)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here