2018, Damri Buka Rute Baru

0
1149
BUS BARU: Wakil Bupati Lingga M Nizar (kiri) dan Kadishub Pemkab berfoto di depan mobil bus Damri yang baru.F-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – AWAL 2018, pihak penyelenggara angkutan umum jalan dan barang pelat merah yakni Damri akan membuka rute baru. Rute yang akan dilalui adalah Desa Tinjul di Dabo dan Daik-Pancur Pulang Pergi PP.

Tahun sebelumnya, Damri melayani masyarakat dengan tujuan Daik-Desa Sungai Pinang tahun 2017.

”Tahun ini Damri membuka dua jalur trayek baru. Itu untuk jalur rute Pancur-Daik dan rute Dabo-Tinjul. Kemudian perpanjangan kontrak rute sebelumnya sampai akhir Desember 2018 mendatang,” Kepala Yusrizal, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga, kemarin.

Yusrizal menjelaskan, untuk melayani transportasi masyarakat di dua rute ini Damri akan menempatkan dua bus baru.

Baca Juga :  Bupati Bertekad Realisasikan Industri Gula

Perpanjangan kontrak serta penambahan rute ini dikatakan Yusrizal, sesuai dengan surat keputusan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi dengan nomor : SK.6529 / AJ.204 / DRJD / 2017.

”SK Kemenhub penetapan jaringan trayek angkutan perintis tahun 2018, di 32 provinsi dengan jumlah trayek sebanyak 296 termasuk Kabupaten Lingga,” kata Yusrizal.

Dalam melayani masyarakat Damri mendatang unit bus sesuai kebutuhan. Untuk membantu kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM), Dishub Lingga akan koordinasi dengan pihak Pertamina, untuk menambah kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk opersional Bus Damri. Terkait dengan ongkos transportasi ini, Yusrizal belum bisa memastikan.

Baca Juga :  Erosi Bikin, Sumber Air PDAM Tercemar

Sebelum menetapkan berapa jasa angkutan, lanjutnya, pihak Damri nantinya akan melakuka survei lapangan. Hal ini untuk mengetahui jarak tempuh bus di jalur baru harga akan dibuka.

”Kalau jalur Sungai Pinang-Daik kan itu berkisar Rp 15 ribu hingga Rp 16 ribu. Kalau untuk rute baru ini, dihitung dulu jaraknya berapa kilometer. Kemudian seperti biasanya, Damri tidak memastikan harga umum kepada seluruh anak sekolah,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga dengan adanya penambahan ini dapat membantu masyarakat yang berada pesisir Lingga. Baik dari terisolasi dari perkotaan maupun segi perekonomian.

Baca Juga :  Awe Lapor Kesiapan Karantina Sapi

”Mudahan-mudahan dengan ada rute baru dan bus baru ini, masyarakat bisa terbantu. Cuman kita minta juga untuk sama-sama lah merawat bus Damri, merawat dalam artian kata saling menjaga agar tidak cepat rusak,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here