2018, Disediakan 14 Ribu Sertifikat Tanah Gratis

0
1500
Tribudi

Kantor Pertanahan Berlakukan untuk Se-Bintan

BINTAN – WARGA Bintan kembali mendapatkan kesempatan, untuk mengurus sertifikat tanah gratis, melalui Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona), pada tahun 2018 mendatang. Bahkan, Kantor Pertanahan Kabupaten Bintan menyediakan 14 ribu sertifikat tanah gratis.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bintan Sugianto melalui Kasubag TU Tribudi menjelaskan, tahun 2017 ini ditargetkan bisa menerbitkan 12 ribu sertifikat tanah gratis. Target itu awalnya diberikan kepada warga di Kecamatan Bintan Timur, Toapaya, Teluk Bintan, Teluk Sebong dan Bintan Utara.

Namun, pelaksanaan Prona ini hanya berjalan kurang lebih 5 bulan, sampai akhir Desember 2017. Sehingga daerah Prona diberikan juga ke Kecamatan Bintan Pesisir dan Gunung Kijang. Untuk saat ini, sudah ada sekitar 6 ribuan persil lahan warga yang diberikan sertifikat gratis itu.

Baca Juga :  April, Lelang Proyek PUPR dan Perkim Selesai

”Sekarang, ada tujuh kecamatan yang kami layani untuk pengurusan sertifikat gratis ini. Terakhir, kami berikan kepada warga di Gunung Kijang. Tapi, waktunya mepet. Ini tak masalah, dan warga tak perlu khawatir,’ ujar Budi di ruang kerjanya, kemarin.

Karena, lanjut Budi, kegiatan pengurusan sertifikat gratis melalui Prona, dijalankan kembali pada tahun 2018 mendatang. ”Untuk tahun 2018, disediakan 14 ribu sertifikat tanah gratis. Kalau tahun 2017 ini ditujukan di tujuh kecamatan, di tahun 2018 diberlakukan untuk se-Kabupaten Bintan. Yaitu, 10 kecamatan yang ada di Bintan,” tegas Budi.

Baca Juga :  Bupati Promosikan Warisan Dunia

Syarat untuk mengurus sertifikat tanah gratis Prona ini, jelas Budi, warga pemilik lahan cukup menyediakan fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi alas hak kepemilikan lahan dan fotokopi pembayaran terakhir untuk PBB tanah tersebut. Masing-masing 3 lembar dan ditambah 5 lembar materai Rp 6.000.

Untuk mencapai target 14 ribu sertifikat tanah gratis, pada tahun 2018 nanti, Budi mengatakan, pihaknya sedangkan menyiapkan SDM, melalui perekrutan Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 44 orang. PTT ini akan dikontrak 1 tahun kerja, dengan sasaran menyukseskan Prona di tahun 2018, dengan capaian target 14 ribu sertifikat itu.

Namun demikian, Kantor Pertanahan Bintan akan terkendala, saat menemukan lahan yang tidak jelas pemiliknya, atau pemilik berada di luar Bintan. Karena, masih banyak tanah di Bintan yang dikuasai masyarakat, yang pemiliknya berada di luar Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Bupati Bintan Minta Disosialisasikan ke Warga

”Kita imbau agar para pemilik tanah di daerah Bintan, segera pulang pada tahun 2018 nanti,” demikian dijelaskan Budi.

Pendaftar PTT
Mengenai pendaftaran calon peserta seleksi PTT, Budi mengungkapkan, sudah lebih dari 400 berkas pelamar, yang masuk ke meja panitia seleksi. Jumlah itu sudah melebihi dari target kuota.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here