2018, Dishub Bintan Minta Lagi untuk 3 Kecamatan

0
77
KAPAL Pelra Banawa Nusantara bantuan Menhub untuk Bintan masih berada di Pekalongan. Dalam waktu dekat, tiba di Tambelan. f-istimewa

Tambelan Diberi Kapal Pelra Banawa Nusantara 4

BINTAN – Bupati Bintan H Apri Sujadi tak sempat menyerahkan kapal motor (KM) bantuan dari pemerintah pusat, untuk masyarakat Tambelan, saat kunjungan kerja, pekan lalu. Saat itu mendadak, bupati menginstruksikan Kepala Dinas Perhubungan Yandrisyah untuk menerima secara simbolis KM Banawa Nusantara 4 di Makasar, Sulsel.

Yandrisyah akhirnya batal berangkat ke Tambelan. Ia justru mengubah arah keberangkatan ke Makasar. Di Makasar, Yandrisyah mewakili Bupati Bintan H Apri Sujadi, menerima bantuan dari Menteri Perhubungan RI.

”Cuma 24 kabupaten/kota yang mendapat bantuan kapal pelayaran rakyat (Pelra) ukuran 35 GT, dengan nilai Rp 2,45 miliar ini. Satu diantaranya Kabupaten Bintan. Kapal Pelra KM Banawa Nusantara 4 ini, kita operasikan di Tambelan,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan, Selasa (24/4) kemarin.

H Apri Sujadi menjelaskan, kapal Pelra KM Banawa Nusantara 4 ini, akan menjadi armada transportasi laut di pulau-pulau kecil wilayah Kecamatan Tambelan. Kemudian, kapal ini juga digunakan untuk angkutan barang bahan pangan atau bahan pokok, bagi masyarakat Tambelan.

”Beli bahan pokoknya di Pontianak. Jadi, kapal Pelra KM Banawa Nusantara 4 dari bantuan tahun 2017 ini, yang membawa bahan pangan nantinya,” jelas H Apri Sujadi.

Selanjutnya, kata H Apri Sujadi, Pemkab Bintan juga sedang berusaha mendapat bantuan kapal Pelra dari Menteri Perhubungan, untuk tahun anggaran 2018 ini. Kapal Pelra itu bakal dioperasikan untuk transportasi laut wilayah Kecamatan Bintan Timur, Bintan Pesisir dan Kecamatan Mantang.

”Semoga usulan kita untuk pengadaan kapal Pelra 35 GT ini, dikabulkan oleh Menteri Perhubungan. Ini kita lakukan, untuk memudahkan transportasi bagi masyarakat di pulau,” terang H Apri Sujadi.

Kadishub Bintan Yandrisyah mengatakan, saat ini, kapal Pelra KM Banawa Nusantara 4 sedang dijemput di Pekalongan. Selain itu, Dishub Bintan juga sedang melakukan koordinasi dengan Menhub RI, untuk penambahan bantuan kapal Pelra di tahun anggaran 2018 ini.

”Ya, saya sedang ke Jakarta, dan nantinya ke Pekalongan, untuk mengecek kapal itu. Di Kepri ini, Bintan dan Natuna yang mendapat bantuan kapal Pelra dari pusat, untuk anggaran 2017 lalu. Sekarang, kita minta lagi, untuk melayani 3 kecamatan,” sebut Yandrisyah. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here