2018, Kesenjangan Telekomunikasi Teratasi

0
357
RAPAT: Guntur Sakti saat memimpin rapat dengan operator telekomunikasi di Dompak, belum lama ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepri menggelar pertemuan dengan PT Telkom wilayah Kepri di kantornya, Selasa (4/7) kemarin.
Pertemuan tersebut rencana akan dilanjutkan kembali bersama pihak provider lain yakni Telkomsel dan perusahan telekomunikasi lainnya, Rabu (5/7) hari ini.

Kepada Tanjungpinang Pos, Kadiskominfo Pemprov Kepri Guntur Sakti menjelaskan, pertemuannya dengan PT Telkom membahas komitmen perusahaan yang bergerak di sektor telekomunikasi tersebut untuk mengatasi kesenjangan telekomunikasi informasi di wilayah Kepri.

Pertama, kata dia, Diskominfo dan PT Telkom akan meng-update kembali masalah ini dimulai dari Batam dan sekitarnya. Nanti wilayah Batam kawasan mainland dan hinterland, itu semuanya sudah harus terjangkau sinyal komunikasi.

”Jadi saat ini yang masih belum terjangkau alat komunikasi, tetap menjadi prioritas PT Telkom,” ujarnya.  Kemudian Pulau Bintan ini mencakup juga Kot Tanjungpinang, tahun ini diperkirakan infrastruktur jaringan fiber optik se pulau Bintan akan siap dibangun PT Telkom.

Tapi ada beberapa pulau di sekitar Pulau Bintan, yang mengalami kendala untuk mendapatkan akses komunikasi, misalkan Pulau Pinang di Kecamatan Tambelan. Pihaknya juga akan melanjutkan rapat bersama VIP Telkom wilayah Sumut, karena keputusan nanti ada di sana. Jadi kalau untuk mengatasi masalah komunikasi di pulau-pulau jauh itu nanti, pihaknya akan mencari terobosan baru.

”Karena ada wiyalah kita di Bintan itu, sangat berdekatan dengan wilayah Provinsi Belitung, maupun Jambi. Jadi istilahnya untuk mengatasi kesejangan itu nanti kita minta bantu Telkom pusat mengatasinya,” beber mantan Kadis Pariwisata ini. Pulau Karimun, Juli 2017 ini jaringan kabel bawah laut selesai. Untuk mengatasi masalah komunikasi dan telekominukasi di wilayah tersebut.

Kemudian di wilayah Natuna, di sana akan dimanfaatkan jaringan fiber optik Telkom dan Palapa Ring wilayah Barat tahun 2017 ini tuntas. Dan tahun ini tuntas, termasuk wilayah Kabupaten Anambas akan merasakan fasilitasnya.

”Sementara sambil menunggu proyek sistem Palapa Ring ini siap, di Natuna dan Anambas itu PT Telkom berupaya akan memfasilitasi kawasan itu dengan sistim pemacar radio,” beber Guntur. ”Jaringan Palapa Ring saat ini sudah sampai di Selat Lampa. Mudah-mudahan tahun depan Natuna kita harapkan bisa mendapat fasilitas Indi Home dan 4G,” harapnya demikian. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here