2018, Pasar Baru Direvitalisasi

0
723
CEK HARGA: H Nurdin Basirun saat sidak di Pasar Baru Tanjungpinang, belum lama ini. f-ist/humas pemprov kepri

Gubernur H Nurdin Basirun memastikan Pasar Baru tradisional Kota Tanjungpinang akan direvitalisasi menjadi pasar modern.

TANJUNGPINANG – Pasar yang sudah lama difungsikan masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kepri itu, rencana akan dibangun dengan sokongan dana dari Menteri Perdagangan (Mendag) RI, mulai tahun 2018 mendatang.

”Revitalisasi pasar di Tanjungpinang itu, dipastikan juga Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukito, pada tahun 2018 mendatang,” kata H Nurdin Basirun, Gubernur Kepri saat ditemui di Batam, belum lama ini.

Lebih lanjut Nurdin menyampaikan, pemerintah pusat memang menargetkan pembangunan dan revitalisasi 5.000 pasar rakyat modern hingga tahun 2019. Nah, untuk di Tanjungpinang menurut dia, Kepri mendapat dukungan penuh terhadap program 5000 pasar tersebut.

Pasar yang akan dibangun Mendag yang dimaksud Nurdin, yakni pasar rakyat modern dimana akan dilengkapi dengan sejumlah sarana dan prasarana pendukung yang tidak kalah dengan pusat perbelanjaan modern. Dengan begitu katanya, jumlah pengunjung semakin meningkat serta siapapun yang datang berbelanja dijamin akan terasa nyaman.

”Semakin banyak pengunjung dan pembeli, ekonomi rakyat semakin meningkat, silaturahmi juga semakin terjaga,” kata Nurdin.

Nurdin menyebutkan, pembangunan pasar rakyat modern itu untuk meningkatkan

ekonomi kerakyatan agar lebih maju.

”Ada pasar, ada konsumen, ada produsen, ada tiga mata rantai tu, saya yakin majulah daerah,” tegas Nurdin.

Salah satu sarana dan prasarana yang harus diperhatikan adalah masalah parkir. Semua kalangan bisa berbelanja di pasar rakyat modern dengan parkir yang luas.
Baik mereka yang bermobil, dengan sepeda motor ataupun menggunakan angkutan umum.

”Pasarnya bersih. Walaupun ada jual ikan,” harap Nurdin.

Karena itu, Nurdin berpesan rancangan pasarnya harus benar-benar membuat nyaman pengunjung. Agar tidak kalah dengan pusat perbelanjaan modern yang juga sudah banyak menjual kebutuhan sehari-hari.

Para pedagang pun diwanti-wanti, Nurdin, untuk ikut bersama-sama menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar tersebut jika sudah selesai di revlitalisasi. Karena Nurdin tahu, pengunjung akan semakin banyak jika pasar bersih dan nyaman.

Gubernur dalam setiap kunjungannya ke daerah memang selalu singgah ke pasar tradisional. Bagi Gubernur, silaturahmi dapat dilakukan di mana pun. Di pasar, kadang-kadang, Gubernur mendapat banyak masukkan tentang harga-harga bahan makanan yang mulai meninggi, stabil atau pun sudah turun.

Belum lama ini, Nurdin bersama rombongan sudah melakukan insfeksi mendadak (Sidak) bersama rombongan kepala OPDnya ke pasar tradisional Pasar Baru Tanjungpinang. Pada saat kunjungan itu, Nurdin terlihat mengunjungi pasar yang menjual aneka pakaian anak-anak sampai orang dewasa.

Tak hanya itu, ia juga mengejek harga kebutuhan sembilan bahan pokok, di pasar yang saat ini di kelola BUMD Tanjungpinang itu, Nurdin juga mengecek kondisi bangunan, jalan serta ketertiban pedagang yang memanfaatkan fasilitas pasar. (ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here