2018, Pelabuhan Berakit Bakal Beroperasi

0
1035
HAMPIR RAMPUNG: Proyek gapura pintu masuk kantor pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan, hampir rampung. f-yendi/tanjungpinang pos

Kegiatan APBD 2017 Bintan Wajib Siap pada Desember

BINTAN – KEGIATAN pendalaman alur perairan pelabuhan internasional Berakit, di Tanjungberakit, Kabupaten Bintan segera rampung. Pemkab Bintan dan UPP Tanjunguban bakal mengoperasikan pelabuhan rute ke Singapura dan Malaysia ini, pada tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Bintan Yandrisyah menyampaikan, kegiatan pendalaman alur kapal di pelabuhan Berakit, sudah dikerjakan sejak beberapa bulan lalu. Kegiatan pendalaman alur ini dialokasikan dari pemerintah pusat (APBN).

”Kami baru saja memantau di lapangan, sudah hampir siap pekerjaan pendalaman alur itu. Desember ini, pendalaman alur kapal itu sudah rampung,” ujar Yandrisyah, kemarin.

Selanjutnya, kata Yandrisyah, UPP Tanjunguban dan Pemkab Bintan bakal membicarakan dengan pihak BRC Lagoi, untuk penyediaan operator kapal, yang melayani rute Singapura-Berakit (PP) dan Malaysia-Berakit (PP).

Karena, lanjutnya, sampai sekarang, belum ada operator kapal dari swasta yang ingin melayani rute ke luar negeri, dari pelabuhan Berakit ini. Pelabuhan Berakit dioperasikan, untuk kunjungan turis asing yang ingin menikmati wisata di pantai Trikora, Lagoi dan beberapa kawasan lainnya.

”Makanya, kita tawarkan kepada BRC Lagoi. Semoga saja, pihak BRC Lagoi mau bekerja sama dengan kita. Terutama pihak UPP Tanjunguban, sebagai pengelola pelabuhan Berakit ini. Kita optimis, pelabuhan Berakit bisa dioperasikan tahun 2018 nanti,” tambah Yandrisyah.

Selain kegiatan dari pusat, beberapa proyek dari APBD 2017 Bintan bakal selesai, pada Desember ini. Seperti kegiatan pembangunan tugu Adipura di Kijang, pembangunan gedung community center (gedung pintar) di Kijang, pembangunan jembatan penghubung Desa Pengujan tahap pertama, gapura pintu masuk ke pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan, serta stadion utama Bintan di Busung.

”Kita sedang gesa semua kegiatan fisik di Bintan. Semuanya wajib siap, pada Desember ini,” kata Hery Wahyu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Bintan, baru-baru ini.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here