2018, Pemprov Terapkan E-Planning

0
503
PEGAWAI: Ratusan pegawai Pemprov Kepri memasuki gedung usai mengikuti apel pagi, belum lama ini di Dompak. F-istimewa/humas pemprov kepri

Dompak – Mulai tahun 2018 nanti, Pemerintah Provinsi Kepri akan menerapkan sistem e-planning, e-budgeting dan e-controlling dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan peningkatan sistem pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappe Litbang) Pemprov Kepri, Naharudin menyebutkan, pemberlakuan sistem tersebut akan diterapkan pada tahun 2018 nanti.

Tujuan penerapan sistem e-planning ini, untuk mempermudah dan mendukung transparansi penyusunan rencana program daerah.

Tak hanya itu, penerapan e-planning juga dilakukan untuk mendukung target dan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri.

”Banyak manfaat dari perencanaan elektronik tersebut. Salah satunya bisa diakses dari mana saja sehingga OPD di seluruh Sumsel bisa melakukan input data secara bersamaan,” paparnya, Rabu (29/3).

”Saya sarankan, jangan sampai telat memasukkan data-data dan kode itu oleh masih-masing OPD. Kalau telat, maka akan ketinggalan. Sistem itu sulit diubah, karena kalau harus terganggu satu, maka terganggu seluruhnya,” tutupnya.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah menuturkan, penerapan sistem penyelenggaraan e-planning direncanakan akan dimulai pada tahun 2017 ini.

Namun, oleh karena penyusunan program pembangunan 2017 sudah berjalan sebelum gubernur mengambil kebijakan itu, maka penerapan sistem tersebut ditunda.
Sebenarnya e-planning dan e-budgeting sudah diterapkan pada 2017 ini.

Namun, sebelum program ini mulai diberlakukan, Bappe Litbang sudah berjalan dalam penyusunan program-program pembangunan.

Kendati demikian, Arif menyebutkan, penerapan sistem berbasis online ini akan diberlakukan pada tahun depan.

Dengan diterapkannya sistem perencanaan berbasis digital ini nanti, diharapkannya dapat membantu Pemorov Kepri dalam merencanakan strategi kerja dan program kerja sehingga sesuai dengan RPJMD.(Suhardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here