2018, Penerima Rasta Melalui e-Warong

0
841
Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah didampingi wakilnya H Syahrul meninjau jagung dan beras yang dijual pedagang. f-HUMAS PEMKO TANJUNGPINANG

TANJUNGPINANG – Penyerahan bantuan beras sejahtera (Rastra) mulai tahun 2018 mengalami perubahan. Jika sebelumnya warga hanya menerima jatah beras yang diambil di kantor kelurahan, sekarang bantuan pangan non tunai yang bentuknya berbeda.

Sekda Kota Tanjungpinang, Riono mengaku sedang bersama Kepala Dinas Sosial Tanjungpinang, Agustiawarman mengikuti sosialisasi dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Kamis (4/1) di Jakarta terkait sistem penyaluran Rasta tersebut. Sebelumnya, masyarakat hanya menerima beras sejahtera, mulai nanti tidak lagi.

Kini dapat bantuan Pangan Non Tunai dengan dana sejumlah Rp 110 ribu per bulan. Bantuan yang mereka terima tersebut harus dibelanjakan di e-warong yang sudah dibentuk. ”Kalau dulu cuma dapat beras, sekarang bisa dapat gula, minyak, susu dan keperluan sembako lainnya,” ujar kepada Tanjungpinang Pos melalui sambungan seluler.

Pemko melalui Dinas Sosial sudah menyiapkan 12 outlet e-warong. Dikelola oleh Kelompok usaha bersama (Kube) yang terdiri dari 10 orang. Jadi warga bisa belanja di situ.

Ada pun 12 titik e-warung tersebut tersebar di berbagai kelurahan. Hampir 80 persen sudah dibentuk yakni di Kelurahan Kamboja, Kelurahan Tanjungpinang Barat, Air Raja, Melayu Kota Piring. Sei Jang, Kampung Bulang, Tanjungpinang Timur, Batu IX dan dua titik berada di Tanjung Unggat.

Kemudian tiga titik lainnya di Bukit Cermin, Senggarang dan Hangtuah Permai, Kelurahan Pinang Kencana. Soal harga jual nantinya tentu barang kebutuhan di e-warong lebih murah dari harga pasar. ”e-warong ini menjual beras, gula, minyak goreng, tepung, telur dan boleh nembah jualan lain,” katanya.

Adapun penerima bantuan pangan non tunai 2018 tersebut sebanyak 8.450 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penetapan jumlah tersebut dilakukan Kemsos RI. Dia berharap, dengan program tersebut, penerima merasa terbantu dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup bersama keluarga. e-warong juga dapat memberikan pelayanan maksimal ke penerima bantuan.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here