2018, Penerimaan DBH Migas Turun

0
804
Suryanto

Estimasi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas Natuna diperkirakan bakal mengalami penurunan tahun 2018 nanti. Hal ini akan menyebabkan defisit APBD.

NATUNA – Kabid Anggaran Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Natuna, Suryanto menyebutkan DBH Migas yang diterima Natuna tahun 2017 ini sebesar Rp 60 miliar.

Sedangkan tahun depan diperkirakan angka pendapatan Natuna dari sumber pendapatan yang satu ini berkisar pada angka Rp 42 miliar. Terjadi penurunan sekitar Rp 18 miliar.

”Kalau melihat gelagat permigasan nasional tahun ini kayaknya bakal ada penurunan. Untuk Natuna saja mungkin hanya mencapai angka Rp 42 miliar,” kata Yanto di kantornya, Senin (13/11).

Baca Juga :  Tahun ini, Peningkatan Jalan Binjai-Cemaga Dilaksanakan

Dikatakannya, ada beberapa indikator yang bisa dijadikan patokan untuk memperkirakan pendapatan dari sektor ini untuk tahun depan. Faktor pertama bisa dilihat pada harga minyak dunia yang tidak kunjung mengalami kenaikan. Kemudian ada juga faktor kebijakan pemerintah pusat yang membatasi jumlah produksi migas nasional.

Pemerintah telah memberikan batasan untuk target produksi gas sebesar 1.200 MBTU dan untuk produksi minyak bumi sebesar 800 Barel per hari. Angka ini untuk seluruh produksi migas yang ada di Indonesia. ”Belum lagi ditambah dengan cost recovery industri migas. Semuanya ini dapat mempengaruhi angka DBH Migas,” jelasnya.

Baca Juga :  Pengurus MUI Natuna Dilantik

Namun begitu, ia mengaku Natuna masih ada memiliki dana tunda salur dari sumber pendapatan yang sama di tahun sebelumnya dan akan dibayar tahun depan. ”Tapi sekiranya apa yang diperkirakan ini benar adanya nanti, saya rasa tidak akan berpengaruh buruk pada APBD Natuna karena masih ada dana tunda salur yang bisa menutupinya. Kita belum bisa mengkalkulasikan dana tunda salur di triwulan ke empat,” tutup Yanto.

Daerah Natuna merupakan sumber ladang minyak dan gas di Indonesia. Bahkan, cadangan gas di lautan Natuna diperkirakan terbesar di dunia. Namun, DBH migas yang diperoleh Natuna cukup kecil.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here