2019, Anambas Miliki 9 Kecamatan

0
435
Dwi Jaya Putra
Tahun 2019 mendatang, jumlah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas akan bertambah dua. Sebelumnya, jumlah kecamatan ada 7 kecamatan dan tahun depan akan menjadi 9 kecamatan.

ANAMBAS – Menurut dari Perda Pemekaran Kecamatan yang telah rampung dibahas di tingkat DPRD Anambasm, Provinsi hingga Kementerian Dalam Negeri, saat ini masih dalam proses pengajuan nomor registrasi dan kode wilayah ke Kemendagri.

Rencananya, tahun 2019 sebanyak dua kecamatan baru sudah beroperasi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bagian Hukum Setdakab Anambas, Dwi Putra, Rabu (26/12).

Sebelum mengusulkan kode wilayah, kata Dwi, pihaknya terlebih dahulu melakukan revisi Peraturan Daerah tentang pemekaran kecamatan.

Pasalnya, dalam Perda tersebut yang diusulkan ada tiga kecamatan. Sementara, yang direkomendasi oleh Kemendagri hanya dua kecamatan.

”Sebelumnya ada 3 kecamatan yang diusulkan untuk dimekarkan, yakni Kute Siantan, Siantan Utara dan Jemaja Barat. Kemendagri hanya merekomendasikan pemekaran 2 kecamatan yaitu Siantan Utara dan Jemaja Barat. Kute Siantan ditunda karena masih satu daratan dengan kecamatan induk yakni Palmatak. Maka dari itu, kita harus merevisi Perda dengan mengusulkan dua kecamatan saja. Proses revisi sudah selesai, dan hanya tinggal menunggu kode wilayah,” terangnya.

Dwi mengakui, dua kecamatan yang dimekarkan mengingat letak geografis Anambas yang terdiri dari pulau-pulau.

Sedangkan, tujuan pemekaran yakni untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

”Daerah kita memang terdiri dari pulau-pulau, sehingga tujuan awal pemekaran adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Adapun kecamatan yang dimekarkan adalah Kecamatan Jemaja Barat, yang dimekar dari Kecamatan Induk Jemaja yang terdiri dari tiga desa antara lain Desa Impol, sebagai Ibukota Kecamatan, Keramut dan Sunggak.

Kemudian, Kecamatan Siantan Utara mekar dari Kecamatan Induk Palmatak yang terdiri dari tiga desa antara lain Desa Mubur sebagai Ibukota Kecamatan, dan Desa Piasan dan Bayat.

Terpisah, Mantan Ketua Pansus Perda Pemekaran Kecamatan Dhannun mengakui, pihaknya mengejar target pemekaran rampung pada tahun 2018 yakni melalui Perda yang telah dibentuk.

”Komitmen Eksekutif dan Legislatif, Pemekaran harus rampung pada tahun 2018 ini. Agar Januari 2019 bisa dilakukan pelantikan dua kecamatan yang mekar ini,” ucapnya.

Hingga Desember ini, Kabupaten Anambas masih terdiri dari 7 Kecamatan, antara lain Kecamatan Siantan, Siantan Timur, Siantan Selatan, Siantan Tengah, Palmatak, Jemaja dan Jemaja Barat. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here