2019 Anggaran Pendidikan 20 Persen

0
24
Abdul Haris SH

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menganggarkan sebesar Rp240 miliar, atau 20 persen lebih dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk pendidikan.

ANAMBAS – Langkah tersebut dilaksanakan, untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan didaerah itu.

Bupati KKA Abdul Haris SH mengatakan, dengan maksimalnya anggaran pendidikan ini sarana dan prasarana pendidikan yang masih kurang dapat terpenuhi.

”Ini bertujuan untuk memenuhi masih kurangnya fasilitas serta sarana dan prasarana (Sarpras) pendidikan saat ini,” kata Abdul Haris, Minggu (2/12).

Selain meningkatkan Sarpras pendidikan, tambah Haris, Sumber Daya Manusia (SDM) yakni tenaga pengajar juga menjadi perhatian penting pada tahun 2019 mendatang. Lanjutnya, sebanyak 90 guru dari tingkat SD maupun SMP yang ada di daerah ini akan disertifikasi. Mengingat, masih banyak guru yang masih belum bersertifikasi.

”Insya Allah tahun 2019, Pemerintah Daerah akan mensertifikasikan guru-guru yang ada di Anambas untuk mengupgrade kemampuannya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD KKA Firman Edy mengungkapkan, pihaknya terus mendorong pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

”Masih banyak fasilitas-fasilitas pendidikan yang masih kurang, bahkan tidak memadai dan mudah-mudahan ditahun 2019 ini sedikit demi sedikit dapat teratasi,” jelas Firman Edy.

Keluhan langsung masyarakat terhadap kurangnya fasilitasn pendidikan, kata Firman, kerabkali ditemui saat melaksanakan reses ke daerah-daerah yang ada di Anambas.

Haris juga mengungkapkan, DPRD siap mendukung pemerintah dalam pengganggaran 20 persen untuk pendidikan. Patut disyukuri tahun 2019 ini anggaran pendidikan lebih dari 20 persen.

”Alhamdulillah, tahun 2019 ini 20 persen APBD Anambas diplotkan untuk pendidikan sesuai dengan amanat Undang-undang,” tutupnya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here