2019, Bangun Masjid Agung di Kantor Bupati

0
658
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama anggota Komisi II DPRD Bintan Zulkifli, Kadis PUPR dan Kadis Perkim meninjau lokasi pembangunan di kawasan kantor bupati, baru-baru ini.f-istimewa

BINTAN – PEMERINTAH Kabupaten Bintan telah merencanakan pembangunan masjid agung (kabupaten), pada tahun anggaran 2019 mendatang. Lokasi pembangunan masjid agung ini berada di kawasan jalan lingkar atau alun-alun di depan Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu.

Bupati Bintan H Apri Sujadi telah mengadakan pertemuan dengan Dinas PU dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Perumahan Pemukiman (Perkim) Bintan, untuk pembangunan masjid agung ini. Perencanaan dan penataan kawasan alun-alun di antara Kantor Bupati dengan Kantor DPRD Bintan mulai dari taman sampai dengan fisik masjid agung.

”Kita akan merevitalisasi alun-alun pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan, dengan membuat taman dan pembangunan masjid agung. Rencananya, pembangunan masjid agung dimulai tahun anggaran 2019 nanti,” kata H Apri Sujadi, saat diwawancarai via telepon usai menunaikan tawaf wada ibadah umrah di Mekah, Minggu (27/5) sore kemarin.

Baca Juga :  Nelayan Minta Pelantar Tanjungtalok Diperbaiki

Menurut H Apri Sujadi, masjid agung dan penataan taman ini bisa menjadi objek wisata baru di kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Bintan, untuk masa mendatang. Namun yang terpenting adalah, pemanfaatan masjid tersebut tidak hanya kalangan ASN Pemkab Bintan. Masjid agung juga bisa digunakan oleh masyarakat, yang melintasi jalan Lintas Barat.

Saat ini, lanjutnya, Detail Engineering Design (DED) masjid agung dan penataan taman sedang dalam tahap proses. Targetnya, konstruksi seluruh bangunan masjid agung dibangun pada tahun 2019. Diharapkan, akhir 2019 sudah selesai. Dengan demikian, pemanfaatan alun-alun dan kawasan jalan lingkar di Kantor Bupati Bintan dapat menjadi suatu lokasi yang ramai dikunjungi.

Baca Juga :  Baru Dilantik, 50 Anggota PPK Langsung Dapat Tugas

”Design masjid agung tidak semestinya bangunannya yang besar. Namun yang terpenting adalah masjid dan penataan tamannya, dibangun dengan konsep modern, fleksibel serta mampu menjadi daya tarik wisata tersendiri,” tambahnya lagi.

”Kemudian, masyarakat yang selama ini sulit untuk menunaikan salat ketika melintas di jalan Lintas Barat, nantinya sudah gampang,” sambungnya.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas PUPR Bintan Juni Rianto mengatakan, program pembangunan masjid agung dan penataan taman di pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan itu, sudah dibahas, belum lama ini.

Baca Juga :  Bintan Kirim Pembina ke Karang Pamitran Nasional

”Tahun 2018 ini, masih dalam penyusunan DED atau perencanaan. Perencanaannya ada di Dinas Perkim,” kata Juni Rianto, kemarin.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here