2019, Menteri PUPR Bangun Flyover Simpang Kabil

0
695
WALI KOTA Batam HM Rudi saat meninjau flyover Simpang Jam Batam, belum lama ini. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Rencana pembangunan fly over Simpang Kabil Batam yang awalnya akan dibangun tahun 2018 ini, tertunda. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjanjikan, pembangunan flyover Simpang Kabil dilakukan tahun 2019. Walau baru akan dibangun tahun 2019, namun direncanakan desain dan DED masih akan menggunakan yang lama.

Disebutkannya, penundaan itu lebih karena rencana pembangunan Simpang Kabil terlalu dekat waktunya dengan pembangunan Simpang Jam yang selesai akhir tahun lalu.

”Akan dibangun tahun 2019. Kita tunda karena hampir bersamaan dengan Simpang Jam. Simpang Jam kan baru selesai,” kata Basuki beralasan saat meninjau Dam Sei Gong di Galang, Jumat (2/3).

Untuk tahun depan, diakui pihaknya tinggal melanjutkan desain yang sudah disiapkan sebelumnya. ”Kan baru tahun lalu, hasil studinya masih bisa dipakai. Jadi kita tinggal untuk pembangunan akan diprogramkan untuk tahun 2019. Tidak bisa sekarang,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, flyover yang akan dibangun di Simpang Kabil akan menggunakan anggaran Rp 200 miliar. Flyover nanti akan menghubungkan kawasan Industri Mukakuning, Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Batuampar.

Sebagaimana disampaikan Direktur Perencanaan dan Teknik Badan Pengusahaan (BP) Batam, Imam Bachroni tahun lalu, jalan layang di Simpang Kabil sepanjang 425 meter dan lebar 33 meter.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi mengungkapkan, jika selain Simpang Kabil, akan dibangun juga flyover di Simpang KDA Batam Center, Simpang Punggur dan Simpang Indomobil.

”Sesuai Kepres, Batam akan dibangun 25 Km jalan tol. Ini tak lepas dari pengerjaan flyover. Karena jalan tol itu tak boleh ada hambatan,” katanya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here