2019, MNTC Gratiskan Diklat BST

0
867
SALAH satu kegiatan MNTC Batam melakukan pembinaan untuk calon pelaut yakni pelatihan BST dan lainnya. f-istimewa/tanjungpinang pos

Pihak Maritime National Training Centre (MNTC) Batam, tahun 2019 akan memberikan pelatihan Basic Safety Training (BST) dan buku pelaut pada 100 orang pemuda yang berasal dari warga tidak mampu.

KARIMUN – ”Siapa pun bisa ikut pelatihan. Tentunya peserta pelatihan adalah warga tidak mampu, dan tercatat sebagai penduduk Kabupaten Karimun. Dibuktikan dengan syarat yang harus dipenuhi calon peserta,” kata pemilik perusahaan, Bainuri, Minggu siang (9/12) kemarin.

Ke depan, besar harapan jumlah pelatihan lebih dari 100 peserta. Dengan kepemilikan sertifikat BST, dan buku pelaut peserta dapat bekerja diperusahaan pelayaran baik dalam dan luar Negeri. Sehingga, manfaat perusahaan dapat dirasakan masyarakat Karimun.

Pelatihan ini adalah wujud rasa syukur, atas penghargaan dari Kementerian Perhubungan. Sebagai diklat terbaik dari Kementerian Perhubungan, yang diserahkan Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam Capt. Barlet Silalahi pada Kampanye Keselamatan Pelayaran yang diadakan Pelabuhan Umum PT BINTANG 99 di Batam.

”Dasar pemberian penghargaan, karena Kementerian Perhubungan selama ini Diklat MNTC Batam telah banyak berpartisipasi membantu Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Untuk ikut mengkampanyekan, akan pentingnya Keselamatan Pelayaran,” terangnya.

MNTC Batam mengajar dan melatih taruna taruni calon pelaut, masyarakat, para nelayan tentang aturan-aturan pelayaran demi keselamatan di laut serta melatih tindakan- tindakan yang dilakukan apabila terjadi kecelakaan di laut.

MNTC Batam, adalah milik Putra Tanjung Batu Kundur sekaligus pemilik usaha kapal feri dari Tanjungbalai Karimun tujuan Kukup Malaysia. Adapun program diklat yang dapat diambil di MNTC Batam tersebut yakni program BST, MFA, SAT, SDSD, SSO serta program CCM. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here