2019, Pembayaran Ganti Rugi Lahan

0
834
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Kadis PUPR Bintan Juni Rianto dan Kadis Perkim meninjau lahan, untuk pembangunan daerah, belum lama ini.f-istimewa/kominfo

Pemkab Bintan Gesa Pembangunan Proyek Lintas Timur

BINTAN – PEMKAB Bintan kembali melanjutkan dan menggesa pembangunan jalan Lintas Timur (Lintas Barat lanjutan), dari Km 16 Toapaya menuju Kijang (Bintan Timur). Sedangkan untuk ganti rugi pemilik lahan, pembayaran akan dilakukan tahun 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bintan Juni Rianto menjelaskan, proyek prioritas Bupati Bintan H Apri Sujadi ini dikerjakan secara keroyokan, dari Dinas PUPR Bintan, Dinas PUPR Provinsi Kepri, serta Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Bintan. Saat ini, pekerjaan jalan sudah dilanjutkan kembali. Sebelumnya, sempat dihentikan sementara, karena dalam proses pembahasan ganti rugi lahan milik warga.

Baca Juga :  Apri-Dalmasri Tak Tutup Mata

Kendala lahan tersebut akhirnya mendapat kesepakatan, ketika Bupati Bintan H Apri Sujadi mengadakan pertemuan dengan Dinas PUPR Bintan, BPN Bintan, serta pemilik tanah (lahan). Bahkan, tim bersama warga turun ke lokasi, guna mendudukkan kembali proses lahan yang akan diganti rugi itu.

”Sekarang sudah dikerjakan lagi, dan digesa. Sampai saat ini, progres pelaksanaan jalan Lintas Barat lanjutan (Lintas Timur), masih sesuai skedul yang telah ditetapkan. Walaupun, sempat terhambat karena proses ganti rugi lahan,” jelas Juni Rianto, Rabu (8/8) kemarin.

”Namun, telah disepakati oleh pemilik lahan. Proses ganti rugi lahan akan dibayarkan pada tahun 2019 mendatang,” sambungnya.

Baca Juga :  Rumah Sekcam Bintan Utara Terbakar

Sesuai harapan Bupati Bintan H Apri Sujadi, diharapkan akhir tahun 2018 ini, jalan Lintas Timur sudah bisa dilalui kendaraan. Meski secara keseluruhan, masih perlu dibenahi untuk pengaspalan.

”Mengenai harga dan pembayaran ganti rugi, akan di anggarkan kembali pada tahun 2019. Karena, pemilik lahan meminta dana ganti rugi yang telah dianggarkan tahun anggaran 2017, ditinjau kembali,” ujarnya.

Untuk pembangunan jalan Lintas Timur sepanjang 12,8 kilometer ini, Dinas PUPR Bintan melakukan pengerjaan cut and field lahan, dan pengaspalan sepanjang 3.300 meter (3,3 Km). Anggarannya disediakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Bintan sekitar Rp 19,596 miliar.

Baca Juga :  Bupati Bakal Terima Dua Penghargaan Nasional

Sedangkan Dinas PUPR Pemprov Kepri dan BP Kawasan Bintan akan melaksanakan kegiatan yang sama, di jalur sepanjang 1.200 meter atau 1,2 Km, dengan total anggaran yang dialokasikan keduanya mencapai Rp 13 miliar.

”Tahun sebelumnya, APBN pusat menyediakan dana melebihi Rp 40 miliar, kalau tidak keliru,” tambahnya. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here