2019, Seluruh Desa Dapat Akses Seluler

0
519
MENTERI Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara naik motor saat tiba di Anambas, Senin (26/3).f-indra/tanjungpinang pos

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara mengatakan, tahun 2019 seluruh desa di Indonesia sudah mendapatkan akses ke telekomunikasi seluler.

ANAMBAS – HAL ini dikatakan menteri saat melakukan kunjungan kerja ke Anambas, Senin (26/3). Ia ingin melihat langsung progres pembangunan Palapa Ring yang berada di Anambas.

Menteri ingin memastikan, program yang masuk dalam Nawacita Presiden dan Wakil Presiden RI tersebut sesuai dengan target. Proyek inilah yang akan membuka akses seluruh komunikasi di negeri ini ke depan.

Program ini memiliki target untuk dinikmati masyarakat masa yang akan datang. Ia juga memastikan bahwa tahun 2019 nanti seluruh desa yang ada di Indonesia akan bebas dari akses seluler termasuk Anambas. ”Tahun 2019 seluruh desa yang ada di Indonesia sudah bebas akses seluler artinya termasuk Anambas juga,” kata Rudiantara dalam kata sambutannya.

Baca Juga :  Besok, Ustaz Abdul Somad di Masjid Al Hikmah Tanjungpinang

Katanya, Palapa Ring ini dibangun bagian dari melengkapi kekurangan yang tidak mampu dibangun oleh pihak Telkom. Dari 57 daerah yang sebelumnya belum mendapatkan pembangunan tersebut, maka pemerintah hadir untuk melengkapi pembangunan yang masih mengalami kekurangan.

”Alhamdulilah, semua sudah selesai dibangun dan target bebas dari akses komunikasi seluler bisa tercapai secara keseluruhan. Masyarakat tidak mungkin menunggu ada keuntungan dari pihak ketiga baru bisa dibangun. Karena itulah pemerintah melakukan pembangunan Palapa Ring tersebut,” terangnya.

Ia juga meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat mendukung dalam percepatan perizinan kepada pihak yang membutuhkan. ”Kita harapkan masyarakat Anambas bisa menikmati akses komunikasi dengan baik dan benar. Persoalan besaran bandwidth itu hanya teknis dan bisa ditambah oleh pihak provider,” tutur Rudi.

Baca Juga :  Desember, ISHD Kepri Ikuti Sumatera Bike Week

Bupati Anambas Abdul Haris mengatakan, silaturahmi yang dilakukan Menkominfo ke Anambas suatu kebanggaan bagi Anambas dan tentu ada suatu nilai tambahan yang baik bagi Anambas ke depannya.

Hal ini yang selalu diharapkan oleh masyarakat Anambas pada umumnya. Ia juga menjelaskan, bahwa Anambas terdiri dari 255 pulau, 27 pulau yang berpenghuni dan beberapa pulau diberikan izin kepada pihak investor untuk mengembangkan usaha yakni membangun resort atau hotel.

Haris berharap dengan aktifnya Palapa Ring nanti bisa menjadi faktor pendukung bagi kebutuhan masyarakat dalam menikmati akses komunikasi. ”Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan Pak Menteri ke Anambas memberi harapan yang baik untuk kemajuan Anambas khususnya kebutuhan akses komunikasi. Palapa Ring nanti bisa menjadi faktor pendukung kemajuan masyarakat menikmati akses komunikasi,” ucap Haris ketika menyampaikan pidatonya.

Baca Juga :  Pencuri 10 Motor Dibekuk Ditreskrimum Polda Kepri

Diakuinya, sejauh ini Pemerintah Pusat sudah sangat membantu daerah Kabupaten Kepulauan Anambas terkait akses telekomunikasi dan komunikasi. Beberapa jumlah tower sudah dibangun dan ada yang menunggu pengaktifan kembali dan ada pula masih tahap pembangunan serta tahap usulan penambahan pembangunan tower.

Dalam kesempatan ini, Pemda akan mengajukan sejumlah kebutuhan akses Telekomunikasi dan Informatika secara tertulis dan terprogram dan diharapkan usulan tersebut bisa direalisasikan oleh Menkominfo.

”Meskipun dinilai lamban terialisasinya nanti, tapi pasti bisa diwujudkan. Insya Allah 2019 seluruh desa sudah bisa menikmati akses seluler artinya sudah bisa berkomunikasi,” pungkasnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here