2019, Suparno dan Ade Tempati Rumdin

0
480
Rumah dinas

TANJUNGPINANG – Unsur pimpinan DPRD Kota Tanjungpinang berkomitmen akan menempati rumah dinas (Rumdin) di Kampung Bugis. Setelah sebelumnya, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang H Syahrul-Hj Rahma syukuran akan menempati Rumdin di Senggarang.

Rencananya, H Syahrul-Hj Rahma akan menempati rumah dinasnya dalam waktu dekat karena masih akan diperbaiki. Sedangkan unsur pimpinan DPRD Tanjungpinang yang terdiri dari Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno dan Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga akan menempatinya per 1 Januari 2019 mendatang.

Rumah dinas untuk Wakil Ketua II DPRD Tanjungpinang Ahmad Dani belum ada. Sebab, baru dua unit Rumdin untuk pimpinan DPRD yang tersedia.

Untuk diketahui, pembangunan Rumdin tersebut dilaksanakan sejak 2010 lalu, masa pemerintahan Wali Kota Tanjungpinang sebelumnya, Hj Suryatati A Manan.

Waktu itu, unsur pimpinan DPRD Tanjungpinang baru dua orang dengan jumlah 25 anggota DPRD Tanjungpinang. Pada Pileg 2014 lalu, jumlah anggota DPRD Tanjungpinang bertambah menjadi 30 dengan tiga unsur pimpinan.

Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Angga menuturkan, pemanfaatan rumah dinas perlu disegerakan agar anggaran pemerintah tidak mubajir.

Ia bersama Suparno sudah menyampaikan ke TAPD Pemko Tanjungpinang, agar per 1 Januari 2019, tidak diplot anggaran tunjangan perumahan. Meski pun kondisi Rumdin nantinya belum selesai dikerjakan.

”Kami sudah sampaikan itu, jadi apapun kondisi rumah dinas nantinya akan kami tempati, untuk itu di APBD Perubahan ini akan dikerjakan secara bertahap,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Ade Angga menuturkan, di APBD Perubahan ini, dianggarkan senilai Rp 500 juta untuk memperbaiki dan melengkapi untuk dua rumah dinas tersebut.

”Kalau tidak salah, Rp 500 juta. Begitu juga dengan rumah dinas wali kota dan wakil wali kota sedang digesa persiapannya,” ucapnya.

Anggaran tersebut dipergunakan untuk mengisi fasilitas di dalam rumah serta melakukan rehab-rehab sesuai kebutuhan rumah.

Ade Angga menuturkan, sejak awal sudah meminta Pemko menyelesaikan rumah dinas. Menurutnya itu penting menjawab pertanyaan dari masyarakat serta jangan terkesan pembuangan anggaran. Hanya saja, untuk lima tahun terakhir tidak difokuskan untuk menyelesaikannya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono menuturkan jika kondisi rumah unsur pimpinan DPRD Tanjungpinang masih perlu perbaikan. Sebab, bangunan itu sudah lama kosong sejak selesai dibangun per 2013 lalu.

Ia pun sudah meminta dinas terkait untuk melakukan pemeriksaan apa-apa saja yang rusak dan perlu diperbaiki. Selain itu, anggaran tersebut juga dipergunakan untuk pengadaan perabotan.

Diantaranya, meja, tempat tidur, lemari pakaian hingga perabotan dapur dan sebagainya. Sedangkan pos penjagaan dan akses jalan menuju di rumah dinas serta listrik sudah disediakan.

”Untuk perbaikan yang rusak, pihaknya terlebih dahulu akan membuat berita acara. Jadi kita melakukan perbaikan yang rusak ada dasarnya. Tujuannya agar rumah unsur pimpinan juga segera ditempati,” ungkap Riono.

Ia menuturkan, selain melengkapi rumah dinas yang ada, ke depan Pemko Tanjungpinang perlu membangun satu unit Rumdin untuk Waka II DPRD Tanjungpinang. Teknisnya pekerjaan berada di Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here