2020, Nelayan Mantang Dapat Rp2,7 Miliar

0
228
BUPATI Bintan Apri Sujadi dan Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono melakukan panen ikan kerapu cantang milik kelompok nelayan Mantang Besar, Senin pagi kemarin.
Pemkab Bintan mengalokasikan dana sekitar Rp2,7 miliar untuk nelayan Kecamatan Mantang, pada tahun anggaran 2020 ini. Dana dari APBD tersebut disalurkan melalui bantuan alat tangkap dan usaha nelayan.

BINTAN – NILAI bantuan alat tangkap bagi nelayan itu disampaikan Bupati Bintan H Apri Sujadi, di sela melakukan panen ikan kerapu cantang milik kelompok nelayan Desa Mantang, Senin (9/ 3) kemarin. Menurutnya, untuk Kecamatan Mantang, bantuan alat tangkap yang berasal dari APBD tahun 2020 itu sebesar Rp2,7 miliar.

”Tahun 2020 ini, kita berikan bantuan yang terdiri dari bubu, jaring, bibit ikan dan lain-lain bagi nelayan Kecamatan Mantang. Nilainya sebanyak Rp2,7 miliar. Tentunya kita harapkan ini bermanfaat bagi nelayan,” ujar H Apri Sujadi.

Baca Juga :  Rp 93 Miliar, Proyek yang Sudah Dilelang

Bupati salut dengan hasil budi daya ikan kerapu cantang yang dikelola kelompok nelayan Mantang Besar tersebut. Budi daya keramba ini berasal dari alokasi dana APBDes Mantang Besar. Menurutnya, dari hasil panen ikan kerapu cantang seberat 1 ton ini menunjukkan, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Bintan mampu unggul dan bisa diandalkan menjadi pembudidaya sektor perikanan.

”Ini hasil yang menggembirakan bagi nelayan kita. Dan menunjukkan bahwa kita harus mampu di sektor perikanan,” ujar Apri Sujadi bersama Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono.

Baca Juga :  PLN Resmikan 100% Desa Berlistrik , Penyalaan 27 Desa Berlistrik dan 24 Jam Nyala Tambelan

Selain itu, Apri mengungkapkan, Kecamatan Mantang akan dibangun SPBU Nelayan. Sehingga nelayan Mantang tidak sulit mencari BBM, terutama solar bersubsidi. Selain itu, ke depannya, Pemkab Bintan akan memberikan bantuan kapal tidak lagi berukuran 2 GT atau 3 GT, tapi ukuran 1 GT.

”Kalau ukuran 3 GT atau 2 GT, itu kan pemiliknya 2 sampai 3 orang nelayan per kapal. Kalau 1 GT, itu bisa dimiliki satu orang nelayan,” jelas Apri Sujadi.

Kunjungan Bupati Bintan Apri Sujadi ke Kecamatan Mantang, sekaligus menyerahkan sertifikat prona kepada 74 warga penerima. Serta menghadiri gebyar PAUD Kecamatan Mantang.

Baca Juga :  Hunian di Laguna Bintan Meningkat

Hadir dalam kegiatan panen kerapu cantang ini Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono, Anggota DPRD Provinsi Kepri Hj Deby Maryanti, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Bintan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here