210 Prajurit Korem 033/WP Ikut Tes Kesamaptaan

0
755
TES SAMAPTA: Prajurit Yonif Raider Khusus 136 TS saat mendengarkan pengarahan dari perwira jasmani, sebelum melaksanakan tes samapta. F-IST/PENREM033 WP

TANJUNGPINANG – Sebanyak 210 prajurit Makorem 033 Wira Pratama (WP) ikuti tes Kesamaptaan Jasmani di lapangan Makorem, Rabu (22/3) lalu. Tes itu dalam rangka, untuk usulan kenaikan pangkat (UKP) prajurit.

Jumlah itu mulai dari prajurit Tamtama hingga Bintara, bertujuan untuk menguji kelayakan prajurit TNI Angkatan untuk dinaikan pangkatnya.

Bidang Jasmani Korem (Jasrem) Sertu Subatin mengatakan, yang lebih dulu dilaksanakan pemeriksaan tensi oleh dokter poliklinik Korem dan dilanjutkan dengan senam.

”Pelaksanaan tes ini mendapatkan pengawasan dari Kasi Pers, Kolonel Arm M Sanuri Hadi dan Kajasrem 033/WP Kapten Arm Sukarjo,” ujar Subatin.

Ia menerangkan, tes merupakan bagian dari kewajiban seorang prajurit, untuk selalu membina fisik dan mental selain untuk mempersipkan diri melaksanakan tugas operasi.
Hal itu menurutnya, prajurit juga dituntut untuk mampu mengikuti serangkaian tes sebagai persyaratan karier kenaikan pangkat prajurit.

”Jadi pantas atau tidaknya pangkat seorang prajurit dinaikkan, akan berpengaruh pada tes ini,” tegasnya.

Hasil tes itu, akan mengkaji uji kelayakan seorang prajurit sebelum pangkatnya dinaikkan.
Kasi Pers Kolonel Arm M Sanuri Hadi mengatakan, tes Kesemaptaan diambil nilai Kesegaran A, yaitu dengan lari sejauh 3200 meter dengan waktu yang ditentukan.

”Tetapi lari itu akan ada kategori umurnya,” singkat Sanuri Hadi.

Sedangkan untuk semapta B terdiri dari beberapa gerakan olah fisik, mulai dari pull up, sit up, push up dan shutlle run serta renang militer.

Hal itu menurut Sanuri Hadi, standar untuk mengukur tingkat kemampuan jasmani para prajurit, sebagai upaya pembinaan dan peningkatan jasmani dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok kedepan.

”Untuk itu kita harapkan, kepada seluruh personel Korem 033 WP yang akan diusulkan kenaikan pangkatnya, agar memenuhi syarat penilaian, yaitu angka minimal 65 serta untuk sekolah/kursus minimal nilai 70,” jelasnya.

Sebelum pelaksanaan tes kesamaptaan dimulai, pihaknya telah memberikan informasi kepada prajurit agar selalu menjaga dan meningkatkan kondisi fisik dan kesehatan dengan pola hidup yang teratur.

”Tujuannya, kelitak pelaksanaan tes kesamaptaan digelar mereka telah siap,” ungkap Sanuri Hadi. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here