23 Perusahaan Incar Waduk Tembesi

0
115
WADUK Sei Gong Pulau Galang-Batam saat proses pembangunan tahun lalu. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, akan membuka market sounding tender pengelolaan air bersih di Dam Tembesi, Oktober 2018 nanti.

Sementara ini, perusahaan yang berminat untuk mengelola Dam Tembesi, diakui sekitar 23 perusahaan. Mereka menyatakan akan ikut tender pengelolaan air di dam Tembesi. Diperkirakan, peminat akan meningkat saat tender diumumkan secara terbuka.

Deputi IV BP Batam, Eko Budi Soepriyanto, menjanjikan, tender akan dilakukan secara adil. Ada beberapa aspek yang dinilai. Penilaian akan dilakukan oleh tim tersendiri. ”Oktober, kita market sounding. Diumumkan. Kita sampaikan kepada mereka yang berminat,” kata Eko.

Saat ini, rumusan tender sedang dibahas tim. Hasilnya, dalam hal metode pengelolaan ke depan, akan disampaikan dalam poin tender.

Bagi peminat, diakui BP akan memperhatikan pengalaman dan kondisi keuangan perusahaan yang akan ikut tender. Sehingga proses pengelolaan Dam Tembesi bisa berjalan baik.

”Karena kita tidak ingin, pengelolaan nanti tidak baik. Makanya pengalaman dan keuangan perusahaan kita perhatikan. Investasi di Dam Tembesi ini mahal,” beber dia.

Diakuinya, nilai investasi yang akan dipekerjakan mencapai Rp250 miliar hingga Rp300 miliar. Pemenang tender akan melakukan paling tidak enam pekerjaan di sana.

Di antaranya, perbaikan instalasi dari waduk atau dam, pemasangan pipa dari waduk menuju tempat WTP. Kegiatan di WTP sendiri, dari WTP ke reservoir, sampai ke kegiatan memasukkan air yang selanjutnya akan dimanfaatkan PT Adhya Tirta Batam (ATB) ke rumah-rumah warga.

Seperti diberitakan Tanjungpinang Pos sebelumnya, pemenang tender akan mengelola dari WTP ke reservoir, dari reservoir ke titik distribusi dan pemeliharaan pipa serta waduknya. Sehingga proses tender akan dibuka secara terbuka.

Sementara untuk proses hilirnya atau pengelolaan air bersihnya, masih ditangan ATB. Untuk tender Tembesi juga diakui ATB juga menyatakan minat.

”Karena masih terikat konsesi pengelolaan air hingga tahun 2020. Setelah konsesi selesai, maka akan menjadi tanggungjawab pemenang tender pengelolaan air bersih selanjutnya,” jelasnya.

Kapasitas Dam Tembesi diperkirakan 600 liter per detik. Dengan pengoperasian Dam Tembesi nanti, maka seluruh dam di Batam akan mampu memproduksi sekitar 3.435 liter air bersih per detik. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here