240 Prajurit TNI AL Perdalam Pengetahuan Siber

0
92
Foto bersama di halaman mako Danlantamal V Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Sebanyak 240 orang prajurit dan PNS TNI AL se- Pulau Bintan mengikuti kegiatan sosialisasi Siber dan Pengamanan dari Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Dispamal), dan Laboratorium Pengamanan Sitem Jaringan (Labpamsijar) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), di GSG Yos Sudarso (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso Batu Hitam Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (11/9).

Menurut Danlantamal IV Danlantamal Pertama TNI Arsyad Abdullah, SE, MAP, tujuan kegiatan ini agar personel dapat meningkatkan pemahaman di bidang siber dan pengamanan, khususnya tentang penyelenggaraan pengamanan sistem dan jaringan TNI  Angkatan Laut.

Kata Danlantamal IV, tujuan lain meningkat pemanfaatan teknologi informasi dan komputer untuk membantu kepentingan pertahanan negara antara lain dalam wujud sistem komando dan kendali, sistem kendali senjata serta sistem informasi pendukung keputusan.

“Jadi sudah sangat dibutuhkan upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam penangkalan terhadap gangguan sistem informasi dan jaringan komunikasi data TNI Angkatan Laut,” sebutnya.

Sementara itu Aspam Kasal yang dibacakan oleh  Kolonel Laut (P) Nizar Ghadafi, SE mengatakan, pada era globalisasi saat ini, hakekat ancaman tidak hanya berasal dari aspek militer dan fisik semata, melainkan datang dari ancaman nirmiliter dan nonfisik.

“Salah satunya adalah ancaman dunia maya yang di sebut perang siber atau cyber war sebagai bagian dari perang informasi,” ungkapnya.

Dijelaskannya, perang siber didefinisikan sebagai peperangan yang menggunakan peralatan elektronik dan komputer untuk menghancurkan atau mengganggu peralatan elektronik serta jalur komunikasi lawan atau musuh.

“Perang siber dapat berupa konflik antara negara, maupun melibatkan aktor-aktor non-Negara, dengan target yang dituju seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, meliputi aspek ideologi, politik, sosial, budaya,  ekonomi, pertahanan, keamanan serta  ilmu pengetahuan dan teknologi perkembangan”, terangnya. (*/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here