244 Mahasiswa Baru Ikuti Orientasi

0
162
KETUA kampus STAIN-SAR Kepulauan Riau Dr Muhammad Faisal saat memakaikan tanda peserta kegiatan PBAK 2019 kepada mahasiswa baru, Rabu (14/8) di Halaman Kampus STAIN-SAR. f-istimewa

STAIN-SAR Kepri Undang Berbagai Narasumber

Sebanyak 244 mahasiswa baru (Maba) Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman (STAIN-SAR) Kepulauan Riau, mengikuti Orientasi dan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019.

BINTAN – Kegiatan PBAK itu dilaksanakan selama 3 hari ke depan dimulai pada hari Rabu (14/8), sampai dengan Jumat (16/8) hari ini yang dilaksanakan di Kampus STAIN-SAR Kepri di Ceruk ijuk Jalan Lintas Barat, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.

PBAK 2019 STAIN-SAR Kepri mengangkat tema, ‘Mengembangkan Budaya Akademik yang Ramah dan Toleran Dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa yang Berkarakter Keislaman, Keilmuan dan Kemelayuan’.

Di hari pertama, kegiatan pada Rabu (14/8) peserta melaksanakan upacara pembukaan yang langsung dibuka oleh Ketua STAIN-SAR Dr. Muhammad Faisal M.Ag.

Dalam sambutan Dr. Muhammad Faisal menyampaikan, PBAK ini merupakan program wajib bagi mahasiswa baru dan bertujuan untuk mengenalkan budaya akademik di kampus STAIN-SAR.

Ia menambahkan, sekaligus untuk mengenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang benar-benar mengenal baik kampusnya.

Muhammad Azmi ME, selaku sekretaris panitia kegiatan mengatakan PBAK ini akan ada beberapa kegiatan yang di laksanakan seperti kegiatan akademik, dan kegiatan mahasiswa serta ada Sosialisasi dari pihak di luar kampus.

”Di hari pertama kita melaksanakan upacara pembukaan, dan ada orasi tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Hardi Selamat Hood, dan sosialisasi dari World clean up Day (WCD) Kepulauan Riau,” ucap Azmi.

Azmi melanjutkan, dihari keduanya pada Kamis (15/8) kemarin, pihaknya turut mengenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkup Kampus STAIN-SAR dan dilanjutkan dengan sosialisasi dari Polsek Gunung Kijang tentang bahaya narkoba.

Sorenya ada Sosialisasi dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Kepri.

”Selain ada materi dari KPA kita juga akan ada baca tulis Alquran. Ini merupakan hal yang penting. Karena kita ini kampus Islam, kami tonjolkan baca tulis Alquran untuk mahasiswa bisa untuk baca dan tulis Alquran,” tambahnya.

Di hari terakhir, Jumat (16/8) ini, kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu melaksanakan outbond dan lomba Hafidz Quran, pidato 3 bahasa, dan Musabaqah Tilawatil Quran( MTQ) guna untuk mengasah minat dan bakat mahasiswa untuk bisa bersaing dengan perguruan tinggi Islam lainnya.

Saat ini Kampus STAIN-SAR Kepri mempunyai 4 jurusan Program Studi (Prodi) yaitu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Akhwal Syahsiyyah atau Hukum keluarga, Prodi Ilmu Quran dan tafsir dan Prodi Ekonomi Syariah.

”Ke depannya kita akan menambah 4 prodi lagi yaitu Tadris Bahasa Inggris, Komunikasi Penyiaran Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan Manajemen Bisnis Syariah,” tutup Azmi. (ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here