250 Meter Runway Belum Difungsikan

0
105
Pesawat Lion Air sedang landing di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang F-ANDRI/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, saat ini memiliki runway 2.506 meter. Baru difungsikan 2.256 meter. Sisahnya 250 meter belum bisa difungsikan, meskipun sudah selesai pembangunnya.

Meskipun belum difungsikan, bandara kesayangan masyarakat Pulau Bintan, sudah pernah didarati pesawat berbadan besar. Saat itu, pesawat kepresidenan mendaraat mulus. Saat itu, presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Tanjungpinang.

Bandara ini juga sudah melakukan penerbangan internasional langsung dari Tanjungpinang ke Tiongkok. Mengunakan maskapai Citilink.

Sisa 250 meter lagi, belum bisa beroperasi, pasalnya, PT Angkasa Pura (AP) II Cabang Tanjungpinang belum menerima surat izin untuk menggunakan landasan pacu yang baru dari Kementerian Perhubungan RI.

”Kita sudah koordinasi dengan kantor pusat (AP, red). Karena kantor pusat yang mengurus semua itu,” kata Evan Yolanda, Plt Manager of Airport Operation Service & Maintenance kepada Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Sebelum dapat izin, kata Evan, pasti ada tim dari Kementerian Perhubungan RI datang ke Bandara RHF Tanjungpinang.

Tujuannya, tim tersebut akan meninjau sampai dengan melihat kondisi landasan pacu penerbangan langsung di bandara.

Apakah landasan pacu penerbangan yang dimiliki Bandara RHF Tanjungpinang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan penerbangan atau tidak.

Karena tim tersebut langsung verifikasi dengan melakukan pengecekan landasan pacu penerbangan yang sudah dibuat.

”Sampai sekarang belum ada tim dari Kementerian Perhubungan yang datang untuk melakukan verifikasi landasan pacu penerbangan tersebut,” terang dia.

Mau sampai kapan, ia belum tahu landasan pacu penerbangan dibiarkan tidak beroperasi di Bandara RHF Tanjungpinang. ”Kita tunggu saja.Kita harapkan segera difungsikan,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here