254 Warga Pinang Pindah Pilih

0
243
RAPAT pleno DPTb di kelurahan sebelum ditetapkan KPU Tanjungpinang pada Senin (18/2) jumlah DPTb yang akan memilih di Tanjungpinang. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Sebanyak 254 warga Kota Tanjungpinang lebih memilih untuk coblos di luar Ibu kota Provinsi Kepri. Hal ini diketahui disaat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menggelar rapat pleno Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang berlangsung di Hotel Comforta Tanjungpinang, Senin (18/2).

Divisi Program dan Data KPU Kota Tanjungpinang, M Hafidz Diwa Prayoga mengatakan, 254 orang sudah mengurus surat pindah pilih disebut A5 di KPU. Karena mereka terdaftar di DPT Kota Tanjungpinang. Pasalnya, mereka memiliki domisili di Kota Tanjungpinang. Ini berdasarkan KTP elektronik yang dimiliki masyarakat tersebut.

Hanya saja, mereka masih memiliki kegiatan di luar daerah Kota Tanjungpinang. Ada yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, bekerja dan sebagainya.

Karena tidak akan mungkin pulang ke daerah asalnya, yaitu Kota Tanjungpinang hanya untuk menyalurkan hak pilihnya di bilik suara pada 17 April 2019 nanti. Oleh karena itu, mereka mengurus hingga mendapatkan surat A5. Agar nanti mereka bisa menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di mana mereka berada.

”Kalau tidak salah, kebanyakan berada di daerah Pulau Jawa,” ucap M Hafidz Diwa Prayoga kepada Tanjungpinang Pos, Senin (18/2).

Nanti, lanjut dia, warga Kota Tanjungpinang yang sudah memiliki surat A5 hanya bisa dapat satu surat suara, yaitu pilpres. Pasalnya, pindah pilih yang dilakukan sudah antar daerah hingga provinsi.

Selain itu, ada juga masyarakat dari luar daerah Kota Tanjungpinang yang sudah mengurus surat A5. Sampai saat ini, KPU Kota Tanjungpinang sudah mengeluarkan surat A5 untuk masyarakat diluar Kota Tanjungpinang sebanyak 286 orang.

Artinya, masyarakat pendatang dari luar daerah maupun antarprovinsi dan saat ini berdomisili di Kota Tanjungpinang sudah peduli terhadap pesta demokrasi, yang bakal berlangsung pada 17 April 2019.

Mereka tersebar di empat Kecamatan se-Kota Tanjungpinang. Ada di Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Kecamatan Bukit Bestari.

”Kita masih memberikan kesempatan buat masyarakat yang belum mengurus surat A5. Silahkan datang langsung ke Kantor KPU Kota Tanjungpinang,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here