256 Narapidana Terima Remisi

0
108
Rinto Gunawan

TANJUNGPINANG – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberikan remisi khusus kepada 256 narapidana bertepatan dengan Hari Raya Natal, 25 Desember.

Tiga orang napi diusulkan langsung bebas. Sementara napi lainnya, mendapatkan pengurangan masa tahanan berbeda-beda. Ada pengurangan tahanan 15 hari hingga dua bulan.

Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwilkum HAM) Kepri Rinto Gunawan mengatakan, remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada warga binaan sebagaimana diatur dalam UU RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Selain itu, diatur dalam PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah diubah menjadi PP Nomor 99 Tahun 2012, serta Kepres nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

”256 warga binaan yang mendapatkan remisi Natal. Tiga orang diusulakan langsung bebas,” katanya Selasa (18/12).

Rinto menyebutkan, 256 orang yang mendapatkan remisi yakni dari Lapas Kelas II Tanjungpinang sebanyak 45 orang, Lapas Kelas II Batam 107 orang, Lapas Narkotika Kelas II Adalah Tanjungpinang 13, LPKA Kelas II Batam 7, LPP Kelas II Batam 7.

”Rutan Kelas I Tanjungpinang 15, Rutan kelas II A Batam, 54, Rutan kelas IIB Tanjung balai 7 dan cabang rutan Dabo Singkep 1 orang,” sebutnya.

Rinto menyebutkan, remisi khusus Natal diberikan kepada narapidana beragama Nasrani yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, di antaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan masa tahanan. ”Selain itu, warga binaan tersebut harus berkelakuan baik dan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan positif,” ujarnya.

Dengan diberikannya remisi, diharapkan semua napi yang menjalani proses hukum, menjadi lebih baik ke depannya.

Bagi napi yang dinyatakan bebas, dapat diterima baik di tengah masyarakat dan tidak akan mengulangi perbuatan melawan hukum setelah kembali ke tengahmasyarakat. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here