26 Juni, Komisioiner KPU Baru Dilantik

0
674
RAZAKI Persada (kanan) dan Said Sirajudin salam komando dengan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun.F-istimewa

KPU RI baru akan menggelar fit and proper test kepada keenam calon anggota KPU Tanjungpinang untuk periode 2018-2023 mendatang.

TANJUNGPINANG – Keenam calon komisioner KPU Tanjungpinang telah dinyatakan lolos wawancara dan tes kesehatan. Yakni Andri Yudi, Aswin Nasution, Edy Marta, Muhammad Hafidz Diwa Prayoga, Novira Damayanti dan Hj Susanty. Fit and proper test rencananya baru akan digelar tanggal 20-22 Juni di Kepri. Sedangkan masa jabatan Ketua dan Komisioiner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang akan berakhir satu hari sebelum Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang.

Berakhir tanggal 26 Juni mendatang. Pilkada sendiri digelar 27 Juni ini. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh pada jalannya Pilwako yang prosesnya tengah bergulir. Sebab, membutuhkan waktu bagi komisioner baru untuk memahami sistem penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga :  PDIP Kepri Siap Menangkan Jokowi

Ketua Timsel calon Anggota KPU kabupaten/ kota Provinsi Kepri periode 2018-2023, Razaki Persada mengatakan, KPU RI yang nantinya akan mengumumkan tiga nama saja siapa yang akan lolos jadi komisioner KPU. Timsel hanya tugasnya melakukan tes wawancara dan kesehatan, dan telah meloloskan enam calon komisioner.

”Tempat fit and proper test saya tidak tahu, orang KPU yang akan turun di Kepri. Lokasi fit and proper test pastinya di Kepri,” kata Razaki Persada, kemarin.

Kata Razaki, fit and proper test tidak hanya diberlakukan oleh balon Anggota KPU Kota Tanjungpinang saja. Tetapi, balon Anggota KPU kabupaten/ kota lainnya juga ikut fit and proper test. Baik itu balon Anggota KPU dari Bintan, Batam, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas.

Baca Juga :  Ini Jadi Pertarungan Wako dan Wawako!

Sebelum mereka ikut tes fit and proper test, Timsel calon Anggota KPU kabupaten/ kota Provinsi Kepri periode 2018-2023 telah mengirim nama sebanyak 46 orang ke KPU RI. Terdiri, KPU Tanjungpinang 6 orang, KPU Batam 10 orang, Bintan 6 orang, Lingga 6 orang, Anambas 6 orang, Natuna 6 orang dan Karimun 6 orang. ”Nama-nama itulah yang akan ikut tes fit and proper test nanti,” tegas dia.

Setelah mereka lolos dari tes fit and proper test, baru akan dilantik hingga menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) termasuk Pemilihan Walikota (Pilwako) Tanjungpinang tahun 2018.

Baca Juga :  Calon Petahana Belum Mendaftar di Partai Hanura

Khusus di Tanjungpinang, lanjut dia, sebelum lima komisioner KPU Kota Tanjungpinang berakhir masa tugasnya, tiga Anggota KPU Kota Tanjungpinang baru nanti akan dilantik pada 26 Juni 2018. Sehingga tidak ada kekosongan tugas di KPU Kota Tanjungpinang pada 27 Juni 2018 nanti.

”Tanggal 27 Juni 2018, tiga orang itu langsung bertugas sebagai komisioner KPU Kota Tanjungpinang. Saya tidak tahu mereka dilantik di Tanjungpinang atau di Jakarta, tergantung KPU RI,” bebernya.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here