26 Orang Incar Kursi Kadis di Pemprov

0
642
PEGAWAI Pemprov Kepri saat upacara di lapangan Kantor Gubernur Kepri di Dompak, baru-baru ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemprov Kepri Firdaus, menyampaikan sudah ada 26 pejabat yang mendaftar sebagai peserta lelang terbuka atau open bidding Eselon II di Pemprov Kepri.

DOMPAK – ”Sudah ada dua puluh enam, rata-rata peserta dari kabupaten-kota. Kita lebih prioritas pejabat di Kepri, karena kita melihat pejabat di Kepri mampu,” tegas Firdaus, kepada wartawan, Senin (16/4) kemarin.

Lebih lanjut Firdaus menegaskan, ada beberapa calon kuat yang ingin ikut seleksi ini namun terkendala aturan khususnya umur atau usia paling tinggi 58 tahun. Di samping itu, dirinya menceritakan, aturan lainnya yang diatur, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV.

Memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan. Juga harus memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama tujuh tahun.

Kemudian, sedang atau pernah menduduki JPT pratama atau JF jenjang ahli utama paling singkat dua tahun dan memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik. ”Jadi ada pejabat kabupaten, kota yang berniat mendaftar namun terkendala umur, jadi tidak bisa mengikuti,” terang Firdaus.

Disinggung Kadis Pendidikan Tanjungpinang, Dadang yang diisukan akan mendaftar, dirinya langsung menjelaskan bahwa pencalonan Dadang terkendala umur. Firdaus mengaku, sampai tanggal 18 Apri pengumuman open bidding ini dilakukan. Kemudian tahapan selanjutnya pada 20 April proses verifikasi data calon peserta. Selanjutnya penulisan naskah makalah, sesuai jabatan yang dipilih.

”Jadi nanti setelah seharian membuat makalah baru dipresentasikan di depan pansel, sekaligus pansel menggali lebih jauh, apa yang menjadi cita-cita ke depan sebagai kadis,” terangnya.

Kemudian setelah proses open bidding selesai, maka tahap akhirnya penilaian yang dilakukan tim Pansel. Kemudian setelah itu, baru kemudian diserahkan ke Gubernur untuk ditentukan siapa calon kadis yang layak. Saat ini ada enam jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri yang sedang dan akan kosong karena pejabatnya ada yang mengundurkan diri, pensiun, pindah dan akan segera pensiun.

Salah satu pejabat Pemprov Kepri yang mengundurkan diri adalah Isdianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kadispenda Pemprov Kepri. Isdianto mengundurkan diri karena maju jadi Cawagub dan kini sudah dilantik menjadi Wagub Kepri. Kemudian Guntur Sakti pindah pindah menjadi pejabat di Kementerian Pariwisata RI.(SUHARDI-MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here