26 Remaja Ikuti Pelatihan Kerja di BBPLK

0
359

LINGGA – Dari 35 orang yang mendaftar, akhirnya 10 orang yang lulus seleksi untuk mendapatkan pelatihan dan pengembangan ilmu bidang otomotif di Bandung. Sepuluh remaja tersebut akan mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung satu bulan lebih.

Proses seleksi dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan Perindustrian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga. Pelatihan di BBPLK Bandung ini juga diikuti seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Selama pelatihan, peserta dari Kabupaten Lingga akan mengikuti dua pelatihan kejuruan yakni spooring balancing dan body repair. ”Untuk pelatihan spooring balancing, mereka akan mengikuti latihan selama 1 bukan 7 hari. Untuk body repair selama satu bulan pelatihan,” kata Wahyudi Eka Putra, Kasi Pelatihan Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, kemarin.

Wahyudi menjelaskan, seluruh peserta yang berangkat ke Bandung akan bertolak pada bulan awal bulan depan. Sedangkan ongkos akan ditanggung BBPLK tempat mereka dilatih nanti.

Selain ongkos, mereka juga mendapat tempat tinggal di asrama dan makan gratis dari pihak penyelenggara pelatihan. Bukan hanya BBPLK Bandung, Pemkab Lingga juga menggelar kerja sama dengan BBPLK Bekasi untuk melatih tenaga handal di bidang IT. Dinas Tenaga Kerja Pemkab Lingga, telah melakukan seleksi peserta yang akan diberangkatkan ke Bekasi pada pekan kedua Oktober mendatang. ”Untuk yang tersaring 16 orang. Sedangkan yang mengikuti tes sebanyak 22 orang,” kata Wahyudi.

Ia melanjutkan, tes untuk peserta yang hendak mengikuti pelatihan IT selain harus melalui tes wawancara mereka juga diuji dalam hal pengoperasian komputer. Seluruh materi ujian telah disiapkan, oleh pihak BBPLK masing-masing.

Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja hanya melanjutkan ke seluruh peserta. Dengan adanya kerja sama Pemkab Lingga dengan BBPLK di sejumlah daerah ini, bertujuan dapat meningkatkan tenaga kerja handal Kabupaten Lingga agar dapat bersaing di dengan tenaga kerja lainnya.

Selain itu, Pemkab Lingga melalui bagian koperasi berencana membantu mencarikan dana bergulir untuk modal mengembangkan keterampilan yang telah dimiliki peserta dalam merintis suatu usaha ke depannya. Dengan mengikuti pelatihan BBPLK, menjadi modal dasar dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here