27 Februari, Pendaftaran Liga Nusantara 2017 Dibuka

0
6075
Marzuki

Siapkan Pengurus dan Pemain PSTS

Tanjungpinang – PSSI dan beberapa provinsi sudah menjadwalkan pelaksanaan Liga 2017. Mulai kompetisi liga 1, liga 2, liga 3 maupun untuk kelompok Suratin U-17. Khusus liga 3 di tingkat asosiasi provinsi (Asprov) dilaksanakan April mendatang. Namun, pendaftaran klub sudah dimulai 27 Februari.

Untuk penyelenggaraan Liga Nusantara 3, akan dilaksanakan di 34 provinsi se-Indonesia. Bagi klub yang lolos di tingkat Asprov, akan mengikuti pertandingan selanjutnya antarprovinsi, yang dibagi 8 wilayah se-Indonesia.

Masing-masing klub yang lolos babak final akan masuk ke link PSSI dan promosi ke liga 2 tahun 2018 mendatang.

Proses pelaksanaan liga nusantara liga 3 di tingkat Asprov di daerah lain, dimulai dengan tahap sosialisasi. Tahap sosialisasi ini seharusnya dimulai pertengahan Februari, pekan depan.

Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran klub, dimulai akhir Februari sampai dengan Maret 2017. Tanggal 11 sampai dengan 12 Maret, masing-masing Asprov akan melakukan verifikasi stadion.

Tahap berikutnya dilaksanakan manager meeting dan work shop, 15 Maret. Peserta adalah klub amatir yang terdaftar di PSSI.

Untuk liga 3 di tingkat Asprov PSSI Kepri, klub yang masuk dalam daftar liga 3 bakal sama dengan peserta liga nusantara tahun 2015 lalu. Klub itu antara lain PSSI Provinsi Kepri, PS Kota Tanjungpinang, PS Persedas (Singkep/Lingga), PS Batam, PS Karimun, PSTS Tanjungpinang, PS Bintan, PS Erdeka Muda (Batam), PS Putra Kundur (Karimun), PS YSK 757 (Karimun) dan dua calon anggota PSSI yaitu PS Citra Mas (Batam) dan PS Gelora Kundur (Karimun).

Sedangkan pendaftaran pemain liga 3 2017, sesuai dengan arahan PSSI pusat, dilaksanakan 27 Maret sampai dengan 5 April mendatang. Pertandingan liga 3 (nusantara) 2017 dimulai tanggal 9 April. Partai final dijadwalkan 11 Agustus 2017.

”Masalahnya, sampai sekarang ini Asprov PSSI Kepri belum menyosialisasikan jadwal liga 3. Waktu sudah mepet. Klub maupun Askab/Askot PSSI tak pernah dilibatkan,” ujar Aris, seorang pecinta sepak bola Tanjungpinang, Jumat (3/2) kemarin.

”Saya berharap, siapkan pengurus dan pemain PSTS Tanjungpinang. Jangan wacana lagi, tapi aksi nyata. Bentuk tim penggagas dan pilih pengurusnya. Terserah saja, siapa pun yang mau. Toh selama ini, tak ada orang yang peduli dengan PSTS,” tambahnya.

Ketua Asprov PSSI Kepri Marzuki saat dihubungi, justru mengatakan, liga nusantara di Kepri (liga 3) akan dilaksanakan April atau setelah puasa Ramadan mendatang. Karena, jadwal yang ditetapkan pusat, April sampai dengan September, untuk liga nusantara dan Suratin ini.

”Kita akan laksanakan kongres tahunan dulu, bulan depan. Untuk menetapkan agenda 2017,” jelas Marzuki.(yusfreyendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here