28 Juni, PPDB SMA Sederajat Dimulai

0
521
WAKIL Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga saat meninjau ruang belajar komputer SMAN 1 Tanjungpinang, belum lama ini. F-martunas/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) rencananya akan dimulai bulan Juni ini juga. Namun, ini khusus untuk SMA/SMK sederajat yang kini sudah menjadi kewenangan provinsi sejak diberlakukannya UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Untuk SMA sederajat, penerimaan siswa baru rencananya akan dimulai pada, Kamis (28/6) pekan depan dan rencananya PPDB dilakukan hanya beberapa hari saja.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Atmadinata mengatakan, untuk SMA sederajat sejak diambil alih Disdik Pemprov Kepri, maka penerimaan siswa baru akan dilakukan dengan dua metode yakni secara online (dalam jaringan/daring) dan luar jaringan (luring).

Bagi sekolah yang masih melakukan penerimaan siswa baru dengan sistem pendaftaran langsung di sekolah, maka semua pihak sekolah sudah harus mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan orangtua mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah.

Atmadinata mengatakan, tidak ada pungutan saat penerimaan siswa baru nanti. Ia juga menjelaskan, bagi sekolah yang melakukan penerimaan siswa baru secara online, maka harus mempersiapkan juga segala keperluan saat pemeriksaan berkas nanti.

Saat mendaftar dalam sistem, katanya, siswa cukup memasukkan nama, alamat, nilai dan lainnya. Alamat jangan sampai dipalsukan karena tetap akan ketahuan saat pemeriksaan berkas secara fisik nanti.

Untuk bisa mendaftar melalui sistem online, maka pihaknya sudah menyediakan pasword kepada masing-masing siswa SMP yang baru lulus tahun ini. Pasword ini akan dimasukkan ke dalam amplop dan diserahkan ke SMP-SMP yang ada.

Nanti, siswa yang hendak mendaftar secara online ke SMA/SMK sederajat harus terlebih dahulu mengambil pasword ini ke sekolahnya masing-masing. Atmadinata mengatakan, tak semua SMA sederajat di Kepri yang sudah melakukan penerimaan siswa baru secara online.

Hanya ada empat kabupaten-kota di Kepri yang sudah menerapkan PPDB online baik SMA/SMK yakni, Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun. Khusus untuk Tanjungpinang, sudah semua SMA/SMK online. Namun, khusus untuk Karimun, Lingga dan Bintan, PPDB online hanya di perkotaan saja. Sedangkan Natuna, Lingga dan Anambas belum online. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here