284 Polisi Amankan Pilwako

0
381
Simulasi : Personil Polres Tanjungpinang saat menggelar simulasi penanganan kerusuhan Pilkada di Pamedan beberapa waktru lalu. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – 284 personel polisi jajaran Polres Tanjungpinang dikerahkan untuk pengamanan Pemilihan wali Kota Tanjungpinang khususnya saat pemungutan suara pada Juni 2018 mendatang.

Pengamanan akan dilakukan mulai dari tahapan Pilkada hingga pelantikan Wali Kota dan Wakil Walikota terpilih. Pengamanan sendiri dilakukan secara ekstra dengan mengerahkan 2/3 kekuatan saat pemilihan suara.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan, saat ini masih prapilkada untuk tahapan baru dimulai Januari 2018 mendatang. ”Mulai dari tahapan pendaftaran sampai penetapan pasangan calon Wali Kota Tanjungpinang 2018,” katanya kamis (19/10).

Kata kapolres, pihaknya sudah mulai melakukan upaya pengamanan dengan cara menggelar diskusi. Dalam diskusi tersebut dipaparkan pengamanan dan titik kerawanan yang mungkin terjadi dalam pemilihan. ”Setiap tahapan kita lakukan pengamanan, pada saat pemilihan suara Polres Tanjungpinang mengerahkan 2/3 anggota yakni 284 personel dikerahkan,” sebutnya.

Kapolres menyebutkan, setiap kecamatan yang ada di Tanjungpinang dijaga selain dari Polri juga ada bantuan pengamanan dari TNI AU, AL dan AD. ”Pada saat pemungutan suar juga di bantuan dari TNI nantinya standbye di Polres Tanjungpinang,” jelasnya.

Untuk membuat suasana Pilkada yang aman, tertib dan lancar, tidak hanya terpaku dengan pengamanan yang dilakukan oleh pihak Polri tetapi juga dibutuhkan kerja sama yang baik dengan pihak yang terlibat di dalamnya. ”Kita membutuhkan dukungan masyarakat, tim sukses, partai politik untuk bisa bekerja sama menyukseskan Pilkada tahun depan,” sebutnya.

Untuk daerah rawan pihak Polres Tanjungpinang sudah melakukan pemetaan dimana untuk indikasi sementara itu daerah yang disinyalir rawan terjadi hal yang tidak diinginkan adalah kantor KPU, Banwanslu, pom bensi bandara dan pelabuhan. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here