291 Mahasiswa Diwisuda Online

0
325
REKTOR UMRAH Prof Dr Syafsir Akhlus Msc saat teleconference pada acara wisuda secara daring di Gedung Rektorat UMRAH di Dompak, Sabtu (2/5). F-istimwa/humas umrah tanjungpinang

UMRAH Sukses Gelar Wisuda Daring

Sekitar 291 wisudawan-wisudawati Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau diwisuda secara online, Sabtu (2/5).

DOMPAK – Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana UMRAH ke-XIV sukses digelar dengan sistem Dalam Jaringan (Daring) atau virtual dengan teleconference.

Pelaksanaan prosesi wisuda itu terpusat di Gedung Rektorat UMRAH yang berada di Dompak. Di tengah menghadapi pandemi virus Korona (Covid-19) ini, UMRAH harus mencermati dan menanggapi fenomena tak biasa ini dengan menggelar acara wisuda secara daring.

Sehingga, pelaksanaan acara wisuda kali ini tetap berjalan lancar walau kondisinya sangat jauh berbeda dan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting yang memanfaatkan jaringan internet.

Rektor UMRAH, Prof Dr Syafsir Akhlus Msc dalam pidatonya mengatakan, dirinya tak menyangka harus melaksanakan prosesi wisuda ke-XIV ini harus dilakukan secara daring atau virtual.

Baca Juga :  Stisipol Lahirkan 2.335 Sarjana

Hal itu menurutnya, harus diterima dan dilakukan untuk menyikapi pandemi yang luar biasa ini yang menyebabkan manusia meninggalkan fitrah sebagai makhluk sosial.

”Saya mewakili UMRAH. Sangat merasakan perubahan ini ditengah wabah virus Korona. Sangat disayangkan tentunya. Yang mana acara wisuda merupakan masa penantian panjang bagi mahasiswa/i ku beserta orangtua untuk menyaksikan acara wisuda yang merupakan momen penting serta sakral dan sebagai puncak pembuktian lulus secara akademik,” jelasnya.

Namun, dengan segala perubahan mendadak di tengah pandemi Covid-19 yang sangat luar biasa ini, tentunya kita harus menjawab tantangan baru.

”Ini merupakan era baru yang ada di depan kita, dengan memanfaatkan teknologi informasi jaringan internet,” ujar Prof Syafsir Akhlus.

Baca Juga :  Daftar Mahasiswa Baru Via Online

Menurut Prof Syafsir Akhlus, pandemi Covid-19 ini merupakan musibah yang diadapi bersama bahkan seluruh dunia yang membuat aktivitas manusia menjadi tidak biasa.

Bahkan, terjangan pandemi Covid-19 ini sangat terasa janggal karena tidak bisa berkumpul untuk rapat dan menjalani aktivitas non konvensional.

”Untuk anak-anakku yang diwisuda kali ini, saya ucapkan selamat. Tetap beraktivitas di rumah bersama orangtua. Manfaatkan teknologi untuk bekerja di rumah. Pandemi Covid-19 ini, harus kita jawab tantangannya dengan implementasi positif dan beradaptasi dengan menggunakan dan penguasaan teknologi informasi yang ada,” tambah Syafsir Akhlus.

Ia meyakini, setelah era pandemi Covid-19 berakhir tentunya ada hikmah yang harus diamati.

”Saya meyakini. Setelah wabah Covid-19 ini berakhir. Ada era baru yang menanti di depan. Untuk itu, kita harus segera menyiapkan diri dan menjawab tantangan. Seperti dahulu kala, dimana era menulis surat di kertas terganti dengan era suara bahkan pesan singkat atau SMS yang dikirim melalui sinyal pesawat telepon,” terangnya.

Baca Juga :  Mahasiswa UMRAH Donor 88 Kantong Darah

Ia berpesan kepada wisudawan/ti ke-XIV, bahwa ijazah yang didapat secara akademik tentu belum cukup. Sebab, wisudawan/ti akan kembali dan mengabdi ke masyarakat sebagai bentuk implementasi ilmu pendidikan sebenarnya dari tujuan akademik itu sendiri.

”Selamat berbahagia dengan era baru diwisuda daring ke-XIV kali ini. Bawalah ilmumu untuk membangun dan memajukan bangsa dan negara serta masyarakat. Jagalah nama baik UMRAH di luar sana dimana pun berada,” ungkapnya.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here