3.158 Pelajar Terima KIP

0
202
Foto bersama siswa penerima Kartu Indonesia Pintar, Selasa (15/5), F-IST/HUMAS PEMKO TANJUNGPINANG

TANJUNGPINANG – Sebanyak 3.158 pelajar Kota Tanjungpinang menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dengan rincianya, SD sebanyak 2.150 pelajar dan SMP sebanyak 1.008 pelajar. Penyerahan sendiri langsung di serahkan Penjab Wali Kota Tanjungpinang H Raja Ariza di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang, Selasa (15/5).

Untuk SD kelas II sampai kelas VI diberikan dana untuk 2 semester sebesar Rp450 ribu dan untuk kelas 1 selama satu semester sebesar Rp225 ribu. Sedangkan untuk SMP kelas 8-9 diberikan dana selama dua semester Rp750 ribu dan kelas tujuh selama satu semester Rp375 ribu. Semuanya ditransfer melalui rekening Bank BRI.

Ariza berpesan kepada para penerima KIP agar menggunakan kartu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk keperluan sekolah. Peluncuran program KIP ini oleh pemerintah ini ditujukan agar dapat menghilangkan kesenjangan atau hambatan ekonomi bagi siswa yang berkeinginan untuk sekolah. Diharapkan nantinya akan membuat anak-anak di Indonesia tak lagi berpikiran untuk berhenti bersekolah.

KIP ini bukan hanya membantu para siswa dalam pembiayaan administrasi sekolah, tapi juga bertujuan untuk dapat memenuhi segala kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan yang luas lagi, KIP ini juga untuk mewujudkan program Wajib Belaja Pendidikan Dasar 9 Tahun dan juga Pendidikan Menengah Universal/Wajib Belajar 12 Tahun.

Sambung Raja Ariza, bantuan ini langsung di transfer ke rekening yang sudah disalurkan melalui BRI dengan bebas biaya administrasi dan tanpa potongan. ”Semua sudah ditransfer, jadi tak perlu khawatir jika dana itu dipotong atau diselewengkan. Dana bantuan ini langsung ditransfer oleh pemerintah pusat melalui penyalur dana yaitu Bank BRI. Hari ini akan diberikan kartunya yang bisa digunakan sebagai ATM dan akan diaktivasi oleh pihak bank yang bertugas disini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang, AG, M.Si menyampaikan besaran dana yang diterima oleh penerima manfaat Program Indonesia Pintar (PIP) ini cukup besar pada tahun pelajaran 2017-2018 ini.

Program Indonesia Pintar ini diharapkan mampu menjamin peserta didik yang tidak mampu dalam melanjutkan pendidikan dan melaksanakan proses pendidikan baik dasar maupun menengah. ”Semoga bermanfaat untuk semua dan dipergunakan sebagaimana mestinya,” tutup Dadang.

Selama tahun 2015 hingga 2018 ini, pelajar Kota Tanjungpinang yang menerima Kartu Indonesia Pintar untuk tingkat SD sebanyak 5.495 pelajar dan SMP sebanyak 8.951 pelajar.

Dalam acara ini, Raja Ariza berkesempatan memberikan secara simbolis kepada pelajar yang menerima KIP tersebut. Dan dilanjutkan dengan aktivasi KIP oleh Bank BRI Cabang Tanjungpinang.

Hadir dalam acara ini Pimpinan BRI Tanjungpinang yang diwakili oleh Manager Operasional, Era Evolusi, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, H.M. Yasir, Kabid Pembinaan SMP, H. Tamrin Dahlan, M.Si, Pengawas Sekolah dan Kepala SD dan SMP se-Kota Tanjungpinang. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here