3.500 Anak Sudah Memiliki KIA

0
243
PETUGAS pelayanan publik saat melakukan tahap perekaman KTP elektronik. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Agus Riadi mengatakan, untuk pelayanan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) kini hanya satu hari kerja sudah selesai tercetak. Asalkan data yang diajukan setiap masyarakat lengkap.

”Kita pastikan pelayanan cetak KIA bisa selesai cetak hanya butuh waktu satu hari jam kerja,” ungkap Agus Riadi, Senin (19/2).

Menurutnya, KIA yang telah dicetak sebanyak 3.500 anak di Kabupaten Kepulauan Anambas. Ia juga telah menyampaikan, kepada seluruh masyarakat melalui camat agar dapat segera mengurus KIA tersebut sebagai identitas yang sah berdasarkan undang-undang.

”Sudah cetak semua yang diajukan ke pihak kami, ada sekitar 3.500 anak yang saat ini memiliki KIA,” ujarnya.

Ketika ia ditanya terkait Surat Keterangan (SUKET), sebagai pengganti elektronik KTP bisa digunakan untuk memilih suara. Sebab, sesuai dengan permintaan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Suket tersebut harus memiliki barcode-nya.

Diakuinya, DisdukCapil Anambas membuat kebijakan terkait tentang kepemilikan Suket ada dua versi yakni cetak yang ukuran kecil dan selembar kertas panjang. Ukuran Suket yang kecil tidak memiliki barcode, sedangkan ukuran besar ada barcode.

”Suket yang ukuran besar yang ada barcode-nya digunakan untuk pendaftaran di KPU dalam memilih suara,” terangnya.

Lanjutnya, pelayanan percetakan KIA dan Akta Kelahiran bisa dikatakan sudah maksimal. Sedangkan untuk KTP-el memang masih ada kendala sebagian disebabkan sistem aplikasi di Kementerian Kependudukan di Pemerintah Pusat.

Artinya, bukan tidak bisa mencetak KTP-el namun perlu menunggu sistem dan jika diterima saat data dikirim pihaknya langsung melakukan percetakan KTP-el. ”Soal cetak KTP-el tetap kita terus layani, jelang dicetak kita keluarkan Suket untuk digunakan sementara,” tuturnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here