3.643 Keluarga Miskin Dapat Rp 1,821 Miliar

0
318
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyerahkan bantuan tunai PKH kepada warga kurang mampu, Selasa (27/2) sore lalu. f-istimewa/kominfo bintan

BINTAN – PEMKAB Bintan memberikan dana bantuan sosial sebesar Rp 1,821 miliar, kepada 3.643 keluarga pra sejahtera, Selasa (27/2) sore. Dana ini merupakan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menerangkan, pada tahun 2017 lalu, di Kabupaten Bintan terdata 2.259 sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima dari bantuan PKH ini. Namun, untuk tahun 2018, ditambah 1.375 keluarga sebagai penerima program bantuan sosial ini. Sehingga, total penerima PKH di Kabupaten Bintan itu sebanyak 3.643 keluarga.

Masing-masing keluarga akan diberikan bantuan sebesar Rp 1.890.000 per tahun. Tapi, penyaluran bantuan diberikan beberapa tahap. Untuk tahap pertama, bantuan PKH ini disalurkan sebesar Rp 500 ribu, untuk setiap keluarga, dari 3.643 penerima manfaat.

”Makanya tahap pertama ini, kita berikan Rp 1,821 miliar kepada 3.643 keluarga pra sejahtera ini,” kata H Apri Sujadi usai penyerahan bantuan sosial PKH di Aula Kantor Camat Teluk Bintan.

H Apri Sujadi berharap bantuan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama untuk mendukung pendidikan anak. Hal ini ditegaskan bupati, karena Pemkab Bintan tidak menginginkan ada anak yang tidak tamat sekolah, baik di tingkat SD maupun SMP, di wilayah Bintan.

”Pendidikan di Bintan sudah gratis, perlengkapan sekolah bagi siswa yang baru masuk gratis, trasnportasi sekolah gratis, pelayanan kesehatan pun juga gratis. Nah, sekarang diberi bantuan uang tunai melalui Program Keluarga Harapan ini. Manfaatkan bantuan ini untuk menunjang pendidikan anak,” harap H Apri Sujadi.

Justru itu, H Apri Sujadi menginginkan kerja sama para orang tua untuk memastikan, agar tidak ada alasan lagi bagi anaknya tidak masuk SD dan SMP. Sehingga, di Bintan tidak ada anak yang putus sekolah. Namun, semua anak sekolah dan bisa membanggakan orang tua, di kemudian hari.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Naharuddin mengatakan, masing-masing keluarga penerima manfaat tahap pertama, akan menerima bantuan sebesar Rp 500 ribu. Bantuan langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima manfaat.

”Tahun ini ada penambahan 1.375 keluarga yang dapat bantuan PKH ini. Tahun sebelumnya, keluarga penerima bantuan sebanyak 2.259,” sebut Naharuddin.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here