3.711 Warga Lingga Ngantre Urus KTP-el

0
601
PELAYANAN: Suasana pelayanan kantor di Disdukcapil Pemkab Bintan. F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – SEBANYAK 3.711 warga Kabupaten Lingga harus mengantre untuk mendapat Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).Kosongnya belangko sejak akhir tahun lalu, membuat warga hanya memegang surat keterangan.

Bahkan belangko yang baru dikirimkan pemerintah pusat, masih kurang untuk mencukupi jumlah daftar pemohon KTP-el.Kondisi itu diungkapkan kepala Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Lingga Syamsudi, Jumat (28/4).

”Data pelayanan surat keterangan penggati yang belum dicetak KTP-el nya ada sekitar 3.711,” kata Syamsudi.

Belangko yang dikirim ke Lingga hanya 2 ribu lembar.Artinya masih kekurangan sebanyak 1.711 warga lagi yang belum bisa memiliki KTP-el meskipun telah melakukan perekaman data.

Untuk itu, pihaknya akan mencetak sesuai dengan nomor antrean pendaftaran warga di disdukcapil Lingga.

”Masih kurang. Kami akan mengambil prioritas dari tanggal surat keterangan paling awal. Sampai 2 ribu dulu dicetak. Kekurangan akan kami usulkan lagi kepada Mendagri,” jelasnya.

Syamsudi mengatakan, pihaknya telah usulkaan 10 ribu belangko untuk catatan sipil warga Lingga.Namun yang sampai hanya 2 ribu blanko. Untuk 1.711 warga yang telah melakukan perekaman daya, terpaksa harus menunggu.

Ia memperoleh Informasi dari Kemendagri, bahwa dalam waktu satu bulan, yang telah lebih dulu mendaftar akan dahulukan, dan yang terakahir akan menyusul,” lanjutnya.

Untuk warga yang memegang surat keterangan pengganti KTP-el, masih akan tetap berlaku hingga seluruh KTP-el dapat dicetak.Peningkatan permintaan KTP-el juga didominasi oleh pelajar yang telah memasuki usia 17 tahun.

Begitu juga para pelajar yang akan segera menempuh pendidikan guna kelengkapan data sipil ke luar daerah. (MUHAMMAD HASBI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here