3.902 Siswa Kelas VI SD Tryout UASBN

0
196
WALIKOTA dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul-Hj Rahma saat disambut siswa SD 017 Tanjungpinang Timur di sekolah itu, belum lama ini. f-martunas/tanjungpinang pos
Siswa-siswi kelas VI Sekolah tingkat Dasar di Kota Tanjungpinang mengikuti tryout Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tahun 2019 mulai, Senin (4/3) pagi. Peserta ujian 3.902 orang siswa yang terdiri dari 70 SD/MI yang berstatus negeri maupun swasta.

TANJUNGPINANG – Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, H Syharul-Hj Rahma berserta Sekda Kota Tanjungpinang, Drs Riono mengunjungi sekolah yang berbeda-beda, kemarin.

H Syahrul berkunjung ke SDN 04 Tanjungpinang Barat. Sedangkan Hj Rahma ke SDN 015 Tanjungpinang Timur serta Riono ke SDN 002 Bukit Bestari.

Pelaksanaan tryout dilaksanakan tiga hari. Mulai, Senin-Rabu (4-6/3) ke depan. H Syahrul mengatakan tryout ini sebagai salah satu upaya melatih siswa dalam persiapan menghadapi UASBN.

”Ujian ini bukanlah suatu hal yang harus ditakuti tetapi dihadapi dengan kepercayaan diri dan serius. Lebih giat dalam belajar serta yakinkan diri untuk lulus dan mendapatkan nilai yang baik,” ujarnya di hadapan siswa.

Menurutnya, momen tryout harus dimanfaatkan siswa melatih keseriusan menjawab soal. Bila sudah memiliki pengalaman diyakini, ujian nanti tidak begitu gugup.

H Syahrul juga memberikan kiat-kiat dalam menghadapi UASBN kepada seluruh peserta didik.

”Anak-anak semua dalam menghadapi UASBN yakni harus tenang, perbanyak berlatih soal-soal di rumah, jaga kesehatan, berdoa dan terutama adalah memohon restu kepada kedua orangtua,” lanjut Syahrul memberi motivasi.

Di tempat berbeda, Hj Rahma meminta siswa jangan panik. Bila tidak bisa menjawab salah satu soal, tidak usah stres. Coba ditinggalkan dulu ke soal yang lain, setelah nanti selesai bisa kembali ke soal yang dianggap sulit.

Menurutnya, soal-soal yang diberikan pasti yang sudah pernah dipelajari. Hanya perlu kembali mengingat dengan berlatih.

”Kita berharap anak-anak semangat menghadapi ujian. Terpenting menjaga mental,” tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada orangtua memberikan motivasi yang positif kepada siswa, dalam menghadapi ujian mendatang.

”Peran orangtua itu penting. Saya yakin orang tua juga deg-dengan menunggu hasil dari anak-anak, tapi jangan jadi tekanan. Terpenting mempersiapkan segelanya dengan baik agar siswanya semangat,” paparnya.

Kunjungan ini turut didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs HZ Dadang AG, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang dan masing-masing kepala sekolah yang dikunjungi.(DESI LIZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here