3 April, SWRO Beroperasi

0
679
Mekanik memeriksa mesin SWRO di Batu Hitam dalam perawatan rutin beberapa waktu lalu.f-raymon/tanjungpinang pos

Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang akan me-launching pengoperasian Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) Batu Hitam, Selasa (3/4) mendatang.

TANJUNGPINANG – Rencananya, launching SWRO ini akan digelar di Depan Masjid Raya Tanjungpinang. Sekda Kota Tanjungpinang, Riono menuturkan, Pelaksana Tugas (Plt) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SPAM Tanjungpinang saat ini Heri Jumeri. Beliau masih mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk launching.

Untuk diketahui, Sakter SPAM Kepri telah menandatangani kesepakatan, bahwa operasional SWRO diserahkan ke Pemko Tanjungpinang, sejak tahun lalu. Sedangkan, asetnya belum diserahkan sehingga untuk perbaikan mesin masih tanggung jawab Satker SPAM Kepri. Biaya operasional, bisa dialokasikan dari APBD Pemko.

Baca Juga :  Maskapai Didesak Buka Penerbangan Sore

”Rencananya akan dioperasionalkan Pihak UPTD masih perlu mempersiapkan terkait harga jual air, biaya penyambungan baru serta jika terjadi ke rusakan seperti apa mekanisme perbaikannya. ”Regulasinya juga masih perlu diatur,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa selama tiga bulan terakhir, SWRO telah beroperasi dalam rangka uji coba. Melanjutkan yang telah dilakukan Satker SPAM Kepri, akhir tahun lalu. Bahkan obat-obat kimia yang di pakai merupakan sisa uji coba dari Satker SPAM Kepri tersebut.

Sebelumnya, Plt UPTD SPAM Tanjungpinang, Heri Jumeri menuturkan, terkait teknis operator sudah disiapkan. Kini lebih kepada alokasi anggaran dan harga jual air kepada masyarakat. ”Dulu pernah di bahas di tingkat provinsi harganya Rp 19.500 per kubik, tapi belum tahu apakah itu akan menjadi acuan. Sebab kini masih tahap perhitungan yang dilakukan teknis,” terangnya.

Baca Juga :  Dikorupsi Rp5,054 M

Ia mengakui, terkait biaya operasional SWRO tidak disediakan di APBD Pemko Tanjungpinang. Yang tersedia hanya biaya oeprasional UPTD yang juga mengurusi beberapa SPAM lainya. Meski demikian, harapannya segera dioperasional. Setelah semuanya selesai di bahas bersama. ”Ini masih pembahasan dalam rangka persiapan launching,” terangnya.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here