30 Dewan Reses Lima Hari

0
778
RAPAT: Dari kiri, Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Ahmad Dani, Wakil ketua I, Ade Angga dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno beserta Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang, Mimi Betty Wilingsih rapat bersama.f-MARTUNAS/TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang – SEBANYAK 30 Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, mulai hari ini, Selasa (13/6) melaksanakan Reses di Daerah pemilihan (Dapil) masing-masing. Reses dilaksanakan selama lima hari ke depan. Ada tiga Dapil di DPRD Kota Tanjungpinang diantaranya, Dapil I Kecamatan Tanjungpinang -Barat-Kota. Dapil II Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Dapil III Kecamatan Bukit Bestari. Reses tahun ini secara perorangan, hanya saja ada satu hari yang di jadwalkan akan turun bersama per Dapilnya.

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Dapil Bukit Bestari, Pepy Candra menuturkan, hari pertama Dapil Bukit Bestari memutuskan untuk turun bersama ke Puskemas Pancur. Setelah itu, turun ke lima kelurahan yang ada. Diantaranya Kelurahan Tanjungunggat, Tanjung Ayun Sakti, Sungai Jang, Tanjungpinang Timur dan Dompak.

Baca Juga :  Masyarakat Diajak Tingkatkan Mutu Pendidikan

”Kami turun bersama dulu melihat pelayanan di Puskemas Pancur. Setelah itu bertemu dengan tokoh masyarakat di lima kelurahan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (12/6).

Dituturkannya, sisa empat hari akan dimanfaatkan untuk bertemu dengan masyarakat menampung aspirasi. Kegiatan seperti ini, tentu sering dilakukan dengan memperhatikan berbagai persoalan yang ada di tengah masyarakat. Diantaranya membutuhkan pelayanan medis karena sakit, terkait pendidikan dan juga masalah sosial lainnya.

”Ini yang sering saya temui, meksipun ada juga persolan-persoalan lainnya seperti infrastruktur dan UKM juga ada. Tapi terkait pendidikan dan sakit biasanya persoalan mendesak yang perlu segera diselesaikan sedangkan infrastruktur dan usulan lainnya dibantu melalui pembahasan yang akan dialokasikan di APBD,” ungkapnya. Berbeda dengan Syahrial yang merupakan anggota DPRD Tanjungpinang Timur yang akan melaksanakan Reses dengan tema. Hal ini sudah dilakukan sejak tahun lalu.

Baca Juga :  Sekda Minta ASN Tidak Menambah Libur Lebaran

”Motode Reses saya agak berbeda memang dengan teman lainnya, tidak mengumpulkan masyarakat langsung begitu. Tapi pakai tema dalam diskusinya,” ungkapnya. Dicontohkannya, jika tema mengenai ekonomi kerakyatan maka mengumpulkan para pelaku UKM atau pedagang untuk melakukan diskusi. Jadi pembahasannya hanya fokus itu saja. Begitu juga bila tema mengenai kesehatan, pendidikan, kesenian dan sosial budaya serta lainnya maka akan fokus membahas persoalan-persoalan tersebut.

”Selama lima hari melaksanakan Reses temanya beda-beda dan masyarakat yang ditemui juga berbeda sesuai dengan kebutuhannya,” ungkapnya. Menurutnya, jika mengumpulkan masyarakat berbeda sekaligus, nantinya tidak fokus. Serta sulit mewujudkan permintaan yang disampaikan.

Baca Juga :  Kepala PDAM Tirta Karimun Dipenjara 4,5 Tahun

Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga dari Dapil Tanjungpinang Barat-Kota mengaku sudah menjadwalkan Reses dua hari kedepan. Yaitu hari pertama ke warga Pantai Impian terkait aspirasi ingin membentuk koperasi. Saat turun, ia juga akan mengajak instruktur Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

”Jadi langsung ada outputnya setelah turun,” ungkapnya. Setelah itu, ia berencana akan bertemu dengan perwakilan 87 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mendukung lancarnya proses pemilihan.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here