30 Rektor Deklarasi di Pulau Nipah

0
659
UPACARA: 30 pimpinan PTN Wilayah Barat ucapara di Pulau Nipah sekaligus deklarasi, Kamis (7/9). f-istimewa/humas umrah tanjungpinang

BATAM – Sekitar 30 rektor dan wakil rektor dari 32 perguruan tinggi negeri yang tergabung di Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Indonesia Wilayah Barat melakukan Deklarasi Nasionalisme Kebangsaan di Pulau Nipah, Batam, Kamis (7/9). Dalam amanatnya di saat apel deklarasi di Pulau Nipah, Ketua BKS PTN Wilayah Barat Prof Dr Syafsir Akhlus M.Sc yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang menyampaikan, pertemuan ini sudah direncanakan dari jauh-jauh hari, sekitar 4 Bulan yang lalu. Namun dikarenakan sulitnya menyamakan jadwal dari masing-masing pimpinan PTN, sehingga kegiatan baru dapat dilaksanakan, 7 September 2017).

Acara yang dihadiri 30 pimpinan perguruan tinggi dan perwakilan mahasiswa dari masing-masing perguruan ini bertujuan untuk dua hal. Pertama, untuk menguatkan ikatan silaturahmi PTN anggota BKS dan yang kedua untuk mengembalikan nilai-nilai luhur Pancasila serta UUD 45 dalam upaya menangkal paham-paham yang dapat membahayakan keutuhan NKRI.

Selain itu juga, deklarasi ini bertujuan melaksanakan perintah Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan Presiden pada tanggal 23 Agustus lalu di Istana Merdeka, Jakarta. Deklarasi yang dinamakan ‘Deklarasi Nipah’ ini dilakukan karena memperhatikan perkembangan situasi dan kondisi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa akhir-akhir ini.

Serta pentingnya untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945 dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, serta keutuhan Negara Kesatuan republik Indonesia.
Secara khusus, Deklarasi Nipah ini memuat 3 poin utama yang ditandatangani oleh 30 pimpinan perguruan tinggi. Dalam surat pernyataan sikapnya, dengan tegas BKS PTN Barat menyatakan :
1. Secara aktif memperkuat semangat Bhineka Tunggal Ika, mengamalkan Pancasila, mematuhi UUD 1945 dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Melarang dan melawan segala bentuk paham radikalisme, ekstremisme, in-toleransi, dan anti Bhineka Tunggal Ika, serta segala kegiatan yang mengancam keutuhan NKRI.
3. Berkomitmen tinggi menyelenggarakan pendidikan untuk membangun keilmuan dan karakter manusia Indonesia menjadi insan yang bermoral, beretika, dan cerdas, berjiwa pancasila, patuh terhadap UUD 1945 dan memiliki semangat Bhineka Tunggal Ika, serta mampu mempertahankan keutuhan NKRI.

Deklarasi ini dilaksanakan di pulau Nipah, Batam dikarenakan Pulau Nipah merupakan Pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Singapura. Di pulau yang dijaga khusus TNI AL ini, selain membacakan dan menandatangani deklarasi, BKS PTN Barat, dalam kesempatan yang sama juga melakukan aksi penanaman pohon.

Tidak kurang dari 50 bibit pohon bakau ditanam. Penanaman ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian lingkungan. Melalui kegaiatan ini, Ketua BKS PTN Barat berharap, terwujudnya satu visi yang sama dari perguruan tinggi anggota BKS PTN Barat dan kemudian kegiatan ini mampu menjadi role model bagi perguruan-perguruan tinggi lain di Indonesia. NKRI Harga Mati. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here