304 Mahasiswa UMRAH KKN di Tiga Daerah

0
339
SUASANA berlangsungnya acara pelepasan KKN mahasiswa di Auditorium UMRAH di Dompak yang dilepas oleh Rektor UMRAH Prof Syafsir Akhlus. F-dly bara hanani/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang Prof Dr Syafsir Akhlus M.si melepas mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2019 Angkatan X.

Pelepasan itu berlangsung yang di Auditorium Kampus UMRAH di Dompak, Senin(22/7). Sebanyak 304 mahasiswa-mahasiswi yang ikut KKN di 3 kabupaten/kota di Kepulauan Riau (Kepri).

Dengan rincian sebanyak 60 orang mahasiswa di Kabupaten Karimun, 184 mahasiswa di Kabupaten Bintan dan 60 mahasiswa di Kabupaten Lingga.

Dalam sambutannya Prof.Dr. Syafsir akhlus M.Si menyampaikan, bahwa sebagai mahasiswa bisa mengakselerasi untuk pelaksanaan pembangunan di desa-desa tempat lokasi KKN.

Untuk itu, diharapkan mahasiswa-mahasiswi bisa beradaptasi dan berkomunikasi yang baik dengan masyarakat.

”Di tahun ini kita lebih mengedepankan tentang literasi data. Karena saat ini data dan informasi kecepatan dan ragamnya luar biasa. Mahasiswa ini diberi visi dan misi, untuk mengingatkan masyarakat. Jika mendapatkan sebuah berita atau informasi tidak boleh langsung terima. Harus di pilah dulu kebenaran berita tersebut,” ungkap Prof Akhlus dalam sambutannya.

Selain tentang literasi data, Rektor mengingatkan, bahwa mahasiswa juga akan masyarakat mahasiswa akan mengangkat ekonomi kreatif di lokasi KKN.

Prof akhlus juga berpesan kepada mahasiswa, untuk bisa menjaga nama baik almamater UMRAH.

”Selain mengenalkan literasi data kepada masyarakat, supaya masyarakat bisa bijak dalam melihat sebuah data informasi. Sebagai mahasiswa juga bisa menjaga nama baik almamater UMRAH. Jangan sampai kita terjebak dalam masalah. Tapi kita harus menjadi bahagian dari solusi untuk masalah,” tutup Syafsir Akhlus dalam kata sambutannya.

Belum lama ini, Rektor Prof Dr Syafsir Akhlus MSc juga berikan pembekalan kepada 10 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN wawasan kebangsaan dan KKN bersama.

Kegiatan akan dilaksanakan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara dengan peserta dari seluruh PTN se-Indonesia. Ia menuturkan, ini adalah kesempatan bagi mahasiswa terpilih mengikutinya.

Diawali dengan pembekalan bagi mahasiswa KKN Reguler, Rektor UMRAH berikan pengarahannya.

Di hadapan para peserta yang akan melaksanakan KKN tiga bulan di berbagai daerah, bahwa peran mahasiswa saat ini sangat penting bagi masyarakat desa.

Selain menunaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa juga berperan sebagai agen perubahan di tengah masyarakat. Universitas Maritim Raja Ali Haji merupakan salah satu universitas termuda di negeri ini yang memiliki nilai strategis bagi wilayah dimana ia bertempat yakni di Provinsi Kepri.

Tidak cuma bagi Kepri sendiri namun juga bagi Indonesia di wilayah barat. Karena Kampus ini terletak di garis depan negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan Riau-Lingga.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No 124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Riau. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here