31 Agustus, Usia 35 Tahun

1
420

Syarat Utama Daftar CPNS Per

Syarat utama agar bisa mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah usia maksimal 35 tahun. Ini syarat mutlak.

TANJUNGPINANG – Namun, tidak semua kelahiran 1983 bisa mendaftar CPNS yang dibuka tahun ini. Sebab, lulusan sarjana kelahiran September 1983 tak bisa lagi mendaftar. Sebab, yang bisa mendaftar mereka yang berusia 35 tahun per, 31 Agustus.

Ketentuan ini syarat mutlak dari Menpan RB. Bahwa yang bisa melamar adalah mereka yang berumur 35 tahun per 31 Agustus. Semua peserta yang melamar dan lolos test administrasi harus mengikuti test kemampuan dasar, karakter, inteligensi dan wawasan kebangsaan.

Sekdako Batam Jefridin mengatakan, semua pendaftaran dan test nanti pakai sistem online. Kemudian ada tes bidang masing-masing.

”Honorer kita usulkan nanti bisa masuk di jalur khusus, tapi ini ketentuan umum berlaku. Sampai sekarang, sesuai ketentuan tidak ada untuk jalur khusus honorer,” ujarnya, kemarin.

Mendekati pendaftaran CPNS, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, ia merinci bidang yang diterima di Pemko Batam.

Dimana, dari 363 orang CPNS tahun ini yang akan dibuka, dibagi dalam tiga jenis bidang. Sebanyak 197 orang yang akan diterima untuk tenaga guru. Selain itu, sebanyak 129 orang tenaga kesehatan dan 30 orang tenaga teknis lainnya.

Dijelaskan, untuk guru itu, diterima untuk SD sampai SMP. ”Di formasi, sudah disebutkan, mata pelajarannya ada Matematika, IPA, Bahasa Inggris. Sementara untuk kesehatan, mulai dokter sampai bidan dan teknis di kesehatan. Untuk teknis infrastruktur, ada arsitek, sipil, IT dan lain,” imbuhnya.

Sementara terkait dengan surat yang sebelumnya dikirimkan ke Mendagri untuk menanyakan kuota jalur khusus, diakui untuk mengantisipasi, jika tidak terpenuhi kuota yang disediakan. Dimana, ada kuota untuk jalur khusus bagi sarjana yang memperoleh IPK cumlaude, penyandang disabilitas dan berprestasi mengharumkan nama daerah dan negara.

”Kita sudah kirim suratnya dan minta penjelasan. Kalau seandainya kuota disediakan, namun yang lulus cumlaude, penyandang disabilitas dan berprestasi tidak sampai jumlahnya dengan lowongan tersedia, apa bisa dialokasikan untuk honorer? Itu yang kita tanya,” beber Jefridin.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, pemerintah mengalokasikan kuota CPNS Batam 363 orang. Jumlah itu jauh dari yang diajukan Pemko Batam sebanyak 2.148 orang. Paling banyak dari guru dan tenaga medis. Yang akuntansi, hukum, arsitek dan teknik sipil, masing-masing dua atau tiga orang.

Buka Website
Kepala BKSDM Pemko Tanjungpinang, Tengku Dahlan menuturkan, terkait pengumuman pembukaan penerimaan CPNS rencananya dimulai, 19 September.

Meski demikian, masih menunggu keputusan pusat. Kalau daerah pada intinya siap melaksanakan penerimaan sesuai dengan ketentuan pusat.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono mengatakan, dari 237 lowongan Pemko Tanjungpinang, terdiri dari tenaga guru 164 orang, tenaga kesehatan 56 orang dan tenaga teknis 17 orang.

Riono menambahkan, selain dari itu juga ada formasi khusus 5 persen dari total penerimaan CPNS daerah atau sebanyak 11 orang untuk lulusan cumlaude, dan 1 persen untuk penyandang disabilitas atau sebanyak 2 orang.

Dengan dibukanya lowongan CPNS ini Riono mengatakan bahwa ini merupakan kesempatan yang diberikan pemerintah kepada putra-putri terbaik Kota Tanjungpinang khusususnya untuk dapat bersaing secara sehat sesuai bidang ilmu yang dimiliki dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Hal senada juga disampaikan Penjabat Walikota Tanjungpinang Drs. Raja Ariza, M. M. Ariza mengatakan agar peluang ini benar-benar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para lulusan perguruan tinggi.

”Dengan dibukanya lowongan penerimaan CPNS ini maka setiap lulusan dapat mendaftarkan diri sesuai persyaratan yang ada pada tangal 19 nanti,” imbaunya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Drs. Tengku Dahlan, mengatakan bahwa pengumuman secara resmi baik persyaratan maupun pendidikan masing-masing kualifikasi jabatan akan disampaikan melalui website resmi Pemko Tanjungpiang.

”Silakan buka www.tanjungpinangkota.go.id pada tanggal 19 September mendatang,” ujar Tengku.(DESI – MARTUA)

1 KOMENTAR

  1. mau tnya?
    knp kelaihiran th.1983 bn september,ga bisa ikut seleksi CPNS
    padahal bln septemberkan lebih muda dibandingbln agustus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here