31 Usaha Punya Izin Jual Mikol

0
1537
Mikol: TNI AD saat mengamankan ribuan karton minuman beralkohol (Mikol) beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebanyak 31 pelaku usaha telah mengantongi Surat Izin Usaha Penjual Minuman Beralkohol (SIUP-MB). Ini berdasarkan SIUP-MB yang sudah dikeluarkan Dinas Perdagngan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang untuk pelaku usaha, sejak tahun 2015 lalu hingga 31 Agustus 2017.

Tahun 2015, Disperdagin telah mengeluarkan SIUP-MB sebanyak 7 ke pelaku usaha. Baik pelaku usaha menjual mikol golongan A, B dan C. Yang hanya menjual mikol golongan A dan B, ada tiga supermarket, satu bar dan satu lagi pub karaoke. Kalau yang menjual mikol golongan A, B dan C, ada hotel dan cafe basecamp.

Kemudian, Disperdagin kembali mengeluarkan SIUP-MB kepada pelaku usaha menjual mikol di tahun 2016. Untuk penjual mikol golongan A dan B sebanyak 18 pelaku usaha. Ada 6 supermarket, 7 tempat karaoke atau bar, 4 hotel, dan satu wisma (restoran). Dua pelaku usaha lagi menjual mikol golongan A, B dan C, yaitu pub (kelab malam) dan cafe (restauran).

Baca Juga :  Jembatan Babin Hidupkan Wisata Ibukota

Tahun 2017, Disperdagin hanya mengeluarkan SIUP-MB sebanyak empat ke paleku usaha. Ke empat pelaku usaha tersebut hanya menjual mikol golongan A dan B. Tiga pelaku usaha jenis cafe dan satu tempat karaoke (pub).

”Kita keluarkan SIUP-MB bersadarkan Peraturan Menteri Perdagngan Nomor 20/M-DAG/PER/4/2014 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperdagin Kota Tanjungpinang, Desy Afriyanti kepada Tanjungpinang Pos, rabu (25/10).

Mikol golongan A adalah minuman yang mengandung etil alkohol atau etanol dengan kadar sampai dengan 5 persen. Golongan B adalah minuman yang mengandung etil alkohol atau etanol dengan kadar lebih dari 5 persen sampai dengan 20 persen. Golongan C adalah minuman yang mengandung etil alkohol atau etanol dengan kadar lebih dari 20 persen hingga 55 persen.

Baca Juga :  Sabu 5 Kg dan 19 Ribu Ekstasi Akan Dimusnakan

Jenis mikol golongan A, mulai dari jenis bir, minuman beralkohol berkarbonasi, dan anggur brem bali. Untuk jenis mikol golongan B seperti anggur, minuman fermentasi dan lainnya. Sedangkan jenis mikol golongan C, koktail anggur brendi dan banyak lagi.

”Di Tanjungpinang ada lima distributor yang memasok minuman beralkohol. Yang keluarkan izin untuk distributor itu dari Kemendag, bukan kita (Dispredaginm, red),” ucap dia.

Ia tidak segan-segan akan memberikan sanksi administrasi kepada pelaku usaha yang menjual mikol, tanpa mengantongi SIUP-MB. “Kita kasih teguran sampai tiga kali. Kalau tidak diindahkan, maka kita langsung mencabut izin usaha pelaku usaha mereka,” tegas dia.

Baca Juga :  Drainase Pemuda Selesai Bulan Ini

Maka dari itu, ia mengimbau kepada pelaku usaha yang menjual mikol, untuk segera mengurus SIUP-MB ke Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP) Kota Tanjungpinang. ”Karena mulai per 1 September 2017 ini, kita sudah tidak lagi mengeluarkan SIUP-MB. Karena aturannya sudah seperti itu,” sebut dia. (dri) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here