316 Mahasiswa UMRAH Jalani KKN

0
591
REKTOR UMRAH Prof Syafsir Akhlus saat melepas 316 mahasiswa yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan IX UMRAH Tahun 2018 Jumat (20/7) di Auditorium Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). F-istimewa

DOMPAK – Sebanyak 316 mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang Angkatan IX tahun 2018 mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Secara resmi, mereka dilepas Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc, Jumat (20/7) di auditorium kampus itu.

Dalam sambutannya, Syafsir mengatakan, bahwa KKN ini adalah bentuk implementasi dari kemampuan soft skill mahasiswa yang dia akan gunakan di desa, tempat atau unit terkecil suatu wilayah pemerintahan.

Soft skill di sini dimaksud adalah bagaimana kemampuan mahasiswa membentuk tim terlebih dahulu dan bekerjasama dalam satu tim, menjaga kekompakan tim tersebut sehingga semua pekerjaan yang diberikan bisa terselesaikan dengan baik.

”Objeknya bukanlah pekerjaannya tapi lebih kepada proses saudara mengerjakannya. Itulah hikmah pertama dari kegiatan KKN ini. Hikmah kedua yaitu bagaimana saudara bisa survive dalam fasilitas yang relatif kecil yang ada di desa, hikmah ketiga ialah bagaimana saudara bisa merasakan kehidupan di desa yang sebenarnya,” ungkap Prof. Akhlus dalam sambutannya.

”Saya pesankan dengan sangat kepada saudara-saudara tolong sama-sama kita jaga nama almamater kita di mata masyarakat, bahwa saudara bukanlah atas nama pribadi melainkan atas nama institusi dan tetaplah rendah hati,” tambah Prof. Akhlus.

”Buatlah yang terbaik, berikan yang terbaik kepada masyarakat dan Insya Allah nanti Allah S.W.T akan membalas dengan kebaikan yang lebih kepada saudara-saudara sekalian. Amin,” ucapnya.

Di akhir sambutannya Rektor UMRAH menutup dengan pantun. Bergotong royong membangun rumah, Rumah dibangun berdinding papan, Apa tanda civitas akademika UMRAH, sopan dan santun kita kedepankan.

Hadir juga dalam pelepasan KKN ini, Wakil Rektor I Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si., Wakil Rektor II Bidang Umum Perencanaan dan Keuangan Agus Sutikno, SP, M.Si, Kepala LP3M UMRAH Dr. Viktor Amrifo, M.Si, Kadis Pendidikan Kab. Bintan Tamsir dan Para Dosen Pendamping KKN UMRAH 2018.

Secara umum, tujuan KKN adalah menyiapkan calon serjana sebagai syarat kelulusan, memahami kondisi permasalahan yang terjadi di masyarakat, setelah mengetahui dan memahami juga harus bisa memberikan solusi.

Mengembangkan pengetahuan agama, membantu pemerintahan dalam mempercepat proses pembangunan di bidang keagamaan dan pendidikan. Sedangkan manfaat KKN mendewasakan berpikir, bersikap, bertindak sebagai leader di tengah-tengah masyarakat. Menyelesaikan masalah, bagaiman gejolak yang terjadi di masyarakat. Memberikan pemahaman untuk diri sendiri. Melatih kemandirian yang menjadi bekal kita di masyarakat.

Sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan kualitas keagamaan, pendidikan di tengah masyarakat bisa dengan cara pelatihan, penyuluhan dan lain lain. Meningkatkan kualitas hidup desa. (abh/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here