38 Caleg DPRD Provinsi Dicoret KPU

0
643

TANJUNGPINANG – Tahap pendaftaran para Calon legislatif untuk Pemilu 2019 sudah selesai. Kini KPU sedang memverifikasi para bakal calon legislatif yang didaftarkan oleh para parpol peserta Pemilu.

Di Kepri ada 581 bakal calon legislatif yang didaftarkan untuk bertarung menuju kursi DPRD Provinsi. Setelah KPU melakukan penjaringan yang tersisa hanya 543 bacaleg karena 38 bacaleg dicoret karena tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan.
“Setelah dilakukan verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon, KPU Provinsi Kepri memutuskan 38 Bacaleg Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” kata Prio kepada wartawan kemarin.

38 bacaleg yang dicoret itu berasal dari lima partai politik. Perinciannya, Bacaleg Gerindra ada 2 orang, partai Berkarya 1 orang, dari Hanura ada 6 orang, PBB ada 25 orang dan PKPI ada 4 orang. Dari 38 bacaleg yang dicoret KPU itu 12 di antaranya merupakan bacaleg perempuan.

Faktor bacaleg lain hingag masuk TMS di antaranya ada 17 bacaleg yang tidak menyerahkan sama sekali berkas syarat calon dan 15 orang hanya sekadar menyerahkan formulir BB1, BB2, KTP, KTA partai, atau pas foto.

“Ada juga 1 bacaleg yang berlatarbelakang napi korupsi dan 1 bacaleg kurang surat keterangan pengadilan dan 1 bacaleg kurang melampirkan ijazah SMA. Selanjutnya, 2 bacaleg gugur karena partainya tidak berhasil memenuhi ketentuan keterwakilan 30 persen perempuan di dapilnya dan 1 bacaleg lagi karena sudah terdaftar di partai dan dapil lain. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here