38 SMP Masih Ujian Manual

0
112
PELAJAR salah satu SMA saat membaca buku di perpusatakaan milik sekolah. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Sebanyak 38 SMP di Kabupaten Lingga tidak bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini.

LINGGA – Hal ini dikarenakan, karena kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung. Jaringan telekomunikasi, listrik adalah kendala utama dari sekolah-sekolah ini tidak dapat melaksanakan UNBK.

Selain keterbatasan unit komputer yang dimiliki sekolah, saat ini di Kabupaten Lingga ada 40 SMP namun 38 tidak dapat melaksanakan UNBK karena berbagai keterbatasan. Sekolah-sekolah itu terpaksa melaksanakan Ujian Nasional dengan dengan cara manual,” kata Hendry Efrizal, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Lingga, Jumat (20/4).

Hendry menjelaskan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2017/2018 yang dilaksanakan mulai 23 April mendatang. Sampai saat ini, lanjut Hendry, baru dua SMP di Kabupaten Lingga yang menerapkan UNBK yakni SMPN 1 Singkep dan SMPN 3 Singkep Barat. ”Untuk SMPN 1 Singkep, ujiannya di SMAN 2 Singkep, yang satu lagi SMPN 3 Singkep Barat ujiannya di SMKN 1 Singkep,” kata dia.

Tahun ajaran 2017/2018 ini di Lingga, ada sekitar 1300 pelajar SMP yang akan mengikuti UN. Dengan begitu, seluruh siswa diharapkan mampu melaksanakan UN dengan lancar dan dapat meraih nilai terbaik. ”Meski saat ini nilai Ujuan Negara tidak pagi menentukan kelulusan namun para siswa diharapkan mengerjakan soal dengan serius. Nilai UN eebagai salah satu indikator peningkatan mutu pendidikan disekolah,” imbuhnya. (TENGKU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here