398 Pelamar CPNS Anambas Ikuti Tes SKB

0
47
PARA pelamar CPNS ketika melihat daftar hadir saat akan mengikuti tes belum alama ini. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Sistem pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Anambas, masih menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dalam sistem Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), akan digelar langsung oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

”SKB tetap menggunakan sistem CAT , an pelaksanaannya oleh Panselnas. Besok jadwalnya dilaksanakan tanggal 4 Desember di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS),” ungkap Sahtiar, selaku sebagai Sekda Anambas dan sekaligus Ketua panitia penerimaan CPNS Anambas, Senin (3/12).

Terkait jumlah peserta SKB, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia Nomor 61 tahun 2018, ada sekitar 398 peserta yang memenuhi nilai kumulatif SKD dengan nilai melebihi 255.

”Yang murni lolos tes SKD, dengan nilai ambang batas 298 itu ada 24 peserta. Sementara, peserta yang lolos sesuai Permenpan RB nomor 61 tahun 2018 sebanyak 374. Ini akan dikelompokkan pada pelaksanaan SKB. Untuk pengumuman yang lulus SKD akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Kata Sahtiar, dari jumlah 24 yang lulus SKD kemarin, ia juga tidak bisa memastikan akan bisa lulus 100 persen tentu harus melalui proses lagi. Namun, mereka sudah memiliki peluang lebih ketimbang yang tidak masuk SKD.

Ketika ada disuatu formasi, jumlah pelamar yang lulus SKD melebihi dari kebutuhan maka diantara mereka akan bersaing merebutkan formasi yang dibutuhkan tersebut.

”Salah satu contoh 6 pelamar di bidang kesehatan telah lulus SKD, sedangkan yang diterima hanya 3 pelamar. Mereka mengadu nasiblah dan siapapun tidak bisa, membantu mereka terkecuali dirinya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Tidak ada istilah, anak pejabat atau apalah, tes ini murni dari kemampuan masing-masing pelamar,” ucap dia.(ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here