400-an Angkot Tak Layak Beroperasi

0
445
TRANSPORTASI angkutan umum sedang beroperasi di jalan raya, kawasan Bintan Centre, belum lama ini. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang mencatat, hanya sekitar 200 transportasi angkutan umum (angkot) yang layak beroperasi di Tanjungpinang ini. Sedangkan 400-an angkot yang lainnya, tidak layak beroperasi.

200 transportasi angkutan umum yang dinyatakan layak beroperasi itu, setelah lulus uji KIR dari petugas Dishub Tanjungpinang.

”Kita bisa cek yang mana yang layak beroperasi, pada angkot itu. Tanda itu ditempel di bodi samping transportasi angkutan umum itu,” kata Kepala Dishub Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto, Selasa (6/3) kemarin.

Bambang sempat heran, 400-an transportasi angkutan umum di Tanjungpinang sempat hilang. Ini diketahui pada saat uji KIR kendaraan yang dilakukan petugas Dishub. Artinya, 400-an transprotasi tersebut sudah tidak lagi melakukan uji KIR, yang dilakukan setiap enam bulan sekali.

Padahal, uji KIR kendaraan wajib dilakukan oleh pemilik transportasi angkutan umum. ”Menurut data kami, yang terdaftar ada sekitar 600 transportasi angkutan umum. Tapi, selama ini yang lakukan uji KIR 200 kendaraan,” terang dia.

Untuk memastikan ini semua, pihaknya sudah mengirim surat ke Perusahaan Otobus (PO) yang memiliki kendaraan transportasi angkutan umum tersebut. Selain itu, dalam waktu dekat ini Dishub bekerja sama dengan pihak kepolisian akan menggelar razia gabungan, terhadap transportasi angkutan umum. Hanya saja, ia masih merahasiakan waktu dan lokasi yang dijadikan tempat razia tersebut.

”Intinya, kita akan lakukan razia di beberapa titik dan beberapa kali di tahun 2018 ini,” tegas dia.

Ia berjanji akan menindak angkot yang tidak layak beroperasi, melalui kepolisian. Tentunya kepada pemilik transportasi angkutan umum yang melanggar aturan. Salah satunya, tidak melakukan uji KIR pada kendaraan.

”Kita minta polisi untuk memberikan surat tilang kepada pemilik kendaraan tersebut. Agar menjadi efek jera terhadap pemilik kendaraan tersebut,” sebut dia.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here